Sabtu, 08 Desember 2012

Jelang Pilkada, PPK Ikuti BINTEK


Setelah dilantik beberapa waktu lalu, Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melaksanakan Bimbingan Teknik yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilikan Umum Kabupaten Lombok Timur yang bertempat di Aula kantor KPU Kabupaten Lombok Timur.

Pelaksanaan Bintek ini diikuti oleh semua anggota PPK yang berasal dari 20 kecamatan yang ada di Lombok Timur. Seperti pemberitaan sebelumnya jumlah anggota KPU seluruhnya berjumlah 100 orang dengan jumlah anggaota setiap kecamatannya 5 orang.


Dalam pelaksanaan tugasnya PPK dibantu oleh seorang sekretaris dan beberapa orang staf yang direkrut dari pegawai kecamatan. Seorang sekretaris diusulkan oleh camat yang selanjutnya di SK-kan oleh bupati, sementara stafnya dianggkat dan di SK-an oleh camat.

Pada proses Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur  serta Bupati dan Wakil Bupati Lombok timur yang akan dilaksanakan tanggal 13 Mei 2013 mendatang sudah memasuki tahapan –tahapan pemilihan umum. Salah satunya adalah melakukan pengangkatan anggota PPK, PPS serta pembentukan petugas PPDP (Petugas Pemutahiran Data Pemilih).

Petugas inilah nantinya yang akan membantu KPU dalam proses Pemilihan Umum dan  ujung tombak  dari pelaksanaan Pilkada mendatang. Sehingga para petugas tersebut dibutuhkan keseriusan dalam menjalankan tugasnya. Hal tersebut disampaikan ketua Komisi pemilihan Umum kabupaten Lombok Timur  Khairul Anwar.

Khairul juga mengatakan jika kita mereview Pilkada, Pileg dan Pilpres sebelumnya, permasalahan yang terjadi adalah menyangkut masalah DPT (Daftar Pemilih tetap) yang masih belum valid, hal tersebut dikarenakan proses pendataan yang tidak dilakukan secara teliti.  Untuk Pemilu kali ini pihak KPU akan melalukan kerja semaksimal mungkin mengingat jumlah  pemilih terjadi peningkatan.

Dari data perakhir yang kami terima jumlah pemilih yang ada dilombok timur berjumlah 1.272.103 orang, hal tersebut akan berdampak pada bertambahnya jumlah TPS dan jumlah petugas yang akan mensukseskan kegiatan lima tahunan ini.

Untuk memaksimalkan kerja petugas penvalidan data, KPU juga dalam waktu dekat akan melaksanakan Bimbingan teknis kepada anggota PPS  yang merupakan ujung tombak dari kegiatan Pilkada tersebut. Pelaksanaan Penvalidan data pemilih ini akan dilaksanakan bulan desember ini. Petugas PPDP ini angkat  langsung oleh anggota PPS dengan jumlah petugas tiap desanya mengikuti jumlah TPS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar