Jumat, 23 November 2012

Inaq Seleh Pengusaha Nasi Bungkus Sukses


Kegiatan ini sudah dilakukan hampir puluhan tahun yang lalu, berawal dari usaha kecil-kecilan. Adalah Inaq Seleh, 60 tahun selaku pelaku usaha nasi bungkus yang sudah terkenal diwilayah Pringgabaya dan sekitarnya. Usaha nasi bungkus Inaq Seleh ini berlokasi didusun Rumbuk desa Batuyang kecamatan Pringgabaya.

Usaha rumahan ini telah berjalan sekitar 20 tahun yang dikelalo secara kekeluargaan dan turun temurun. Kegiatan usaha nasi bungkus yang dijalankan Inaq Seleh tiap hari tanpa libur, mengingat kebutuhan masyarakat mengkonsumsi nasi tiap saat. 

Dalam seharinya inaq Seleh mampu menghasilkan 1500 Nasi bungkus yang disalurkan keseluruh wilayah pringgabaya. Nasi bungkus tersebut dititip di warung, kantin sekolah bahkan perkantoran. Harga nasi bungkus Inaq Seleh ini cukup terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah, hanya dengan Rp. 3.000,- kita bisa menikmati nasi bungkus.

Para pedagang datang sendiri untuk mengambil nasi bungkus yang akan mereka jual. Rony, 23 Tahun  menuturkan hampir tiap hari saya mengambil nasi di Inaq Seleh untuk saya jual kembali. Dalam sehari Rony mengambil 100 Bungkus dan tidah pernah tersisa. Kesepakatan antara Inaq seleh dengan para pedagang, jika tidak laku nasi bungkus tersebut dikembalikan. Untuk harga ditingkat pedagang Inaq Seleh memberikan harga Rp. 2.500, perbungkus sehingga para pedagang memperoleh keuntungan Rp. 500, per bungkus.

Nasi Inaq Seleh dijual bukan saja diwarung, kios maupun kantin-kantin, tapi ada juga yang dijajakan secara keliling kerumah-rumag warga dengan menggunakan sepeda motor, sehingga para warga yang akan melakukan aktifitas pagi tidak perlu membuat sarapan untuk para anggota keluarga, cukup dengan membeli nasi bungkus Inaq Seleh.

Menu yang disajikan cukup sederhana tapi bisa memanjakan lidah para penikmatnya. Daging ayam, sayur tumis ditambah dengan pelalah santan serta sambal pedas yang melengkapi kekhasan nasi bungkus Inaq Seleh. Dalam seharinya beras yang dimasak hampir 150 Kg. Tidak hanya menyediakan nasi bungkus, Inaq Seleh juga berjualan dirumah yang sekaligus tempat malakukan aktifitas kesehariannya.

Dilokasi usahanya yang keberadaannya sangat strategis. Para pembeli gampang menenukannya karena letaknya dipinggir jalan. Para pembeli disediakan beberapa Berugak tempat menyantap nasi, sehingga kesannnya nyantai dan seperti dirumah sendiri. Penyajiannya menggunakan piring dengan menu yang khas,  untuk satu porsi harganya cukup murah hanya dengan Rp. 7.000,. anda bisa menikatinya. Pelanggannya terdiri dari para sopir angkutan, para pengendara yang kebetulan lewat serta karyawan dan pegawai yang berkantor disekitar. Penasaran dengan cita rasa nasi Inaq Seleh, anda bisa mencobanya.

3 komentar:

  1. Sukses buat inaq Seleh...
    Nasi inaq Seleh mensejahterakan Madyarakat Ekonomi Menengah ke bawah...

    BalasHapus
  2. semoga berkah, g harus mahal yang penting pas dilidah dan di kantong hhhh... salam

    BalasHapus