Rabu, 24 April 2013

PPS Pringgabaya Lantik Anggota KPPS

-->
Dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur dan Pilgub Nusa Tenggara Barat yang akan dilaksanakan 13 Mei 2013 mendatang, Penyelenggra Pemilihan Umum saat ini sedang melaksanakan tahapan Pemilu. KPU kabupaten Lombok Timur menginstruksikan kepada semua PPS yang ada diwilayah kabupaten Lombok Timur untuk melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah anggota KPPS (Kelompok Penyelenggra Pemungutan Suara) dimasing-masing desa, yang berlangsung sejak 22 April 2013 yang lalu.


Untuk pelantikan anggota KPPS di desa Pringgabaya, dilaksanakan pada hari selasa, 23 April 2013 bertempat diaula kantor desa Pringgabaya. Dalam kesempatan tersebut sejumlah 27 orang ketua KPPS dilantik dan diambil sumpahnya sebelum melaksanakan tugas di masing-masing TPS yang yang tersebar di 27 TPS yang ada didesa Pringgabaya. Proses pelantikan dan pengambilan sumpah disaksikan oleh kepala desa, Ketua BPD, Ketua LKMD, anggota PPK, Kepala Dusun serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Proses pelantikan dan pengambilan ketua KPPS dipimpin langsung oleh Ketua PPS pringgabaya, Zarkasi Khawariz, S.Pd.I yang dibantu oleh seorang rohaniawan. Sebelum pelantikan berlangsung, semua hadirin yang mengikuti acara tersebut menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK pengangkatan anggota KPPS oleh Badarudin, salah satu anggota PPS Pringgabaya.

Dalam kesempatan tersebut usai dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah, ketua PPK pringgabaya, Judan Putrabaya, SH, pada pidato sambutannya, menegaskan bahwa tugas dan tanggung jawab ketua KPPS untuk mengawal proses pemilihan umum ditingkat TPS, karena data yang bersumber dari TPS merupakan data primer hasil pemilihan umum yang sangat menentukan jumlah akhir dari suara yang diperoleh oleh masing-masing pasangan calon, sehingga semua penyelenggra pemilu dalam hal ini anggota KPPS harus memiliki integritas dan netralitas yang tinggi.

Integritas sangat dibutuhkan guna lebih menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap beban negara yang sedang dijalankan saat ini. Disamping integritas, anggota KPPS dituntut untuk bersifat netral, sebab jika netralitas kita sudah dikesampingkat yang akan muncul subyektifitas kita terhadap pasangan tertentu yang akan berpengaruh terhadap perolehan suara dari calon pasangan tertentu, yang berindikasi kepada cacatnya proses demokrasi yangs sedang kita laksanakan. Oleh sebab mari kita sama-sama melaksnakan tugas kita dengan penuh rasa tanggung jawab dan netral. Diakhir sambutannya, Bapak empat anak ini mengucapkan selamat atas dilantiknya ketua anggota KPPS yang akan bertugas di TPS masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar