Minggu, 07 April 2013

Jalan Sehat Menuju Pemilu Sehat & Berbudaya


Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa sehat pula, mungkin itu lah salah satu pepatah yang tepat untuk disampaikan, pasalnya pada hari ini minggu (7/04/2013) kota Selong dipadati oleh pejalan kaki yang melewati jalan-jalan protokol disekitar kota Selong. Kegiatan yang didominasi oleh para pengguna kostum putih dengan logo KPU didada sebelah kiri. “Jalan Sehat Menuju Pemilu Sehat dan Berbudaya” itu lah tema jalan sehat yang diselenggarakan oleh KPU kabupaten Lombok Timur.
Kegiatan jalan sehat ini merupakan agenda dari KPU yang
diselenggarakan serentak hari ini diseluruh Indonesia guna mensosialisasikan tahapan pemilu yang akan diselenggakan pada bulan April 2014 mendatang. Peserta jalan sehat ini diikuti oleh seluruh penyelenggara Pemilu antara lain Panitia Pemungutan suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kesekretariatan PPK, Anggota KPU Lombok Timur beserta kesekretariatan KPU Lombok Timur serta dari unsur media
Jalan sehat dilepas langsung oleh ketua KPU Lombok Timur, Khairil Anwar dihalaman KPU Lombok Timur dengan mengambil rute Jalan Profesor M. Yamin, Belok kanan menuju jalan Pejanggik, selanjutnya diperempatan Pancor belok Kanan melewati Jalan TGH. Zaenul Abdul Majid dan finish di Taman Kota Selong. Setelah peserta berhasil menempuh garis finish, para peserta jalan sehat belum beranjak dari taman kota Selong, karena pihak panitia jalan sehat sudah menyiapkan panggung hiburan untuk menghibur para peserta, sekaligus mau diadakan penarikan undian untuk memperebutkan doorpriz yang sudah disiapkan panitia.
Pada pengundian Kecamatan Jorewaru mendapatkan TV 21 inchi, Kecamatan Terara mendapatkan TV 14 Inchi, Kecamatan Sukamulia mendapatkan Kompor Gas,  Sementara untuk hadian keempat dua buah water dispenser masing-masing diperebutkan oleh kecamatan suela dan kecamatan Sambalia. Untuk kecamatan lainnya masing-masing mendapat hadiah hiburan yang menyebar disemua kecamatan.
Even jalan sehat ini merupakan kegiatan guna lebih mengakrabkan diri diantara semua penyelenggara pemilu, agar terjalin kerjasama yang baik guna menyukseskan pemilihan legislatif mendatang. Kegiatan jalan sehat ini juga sebagai ajang untuk melakukan sosialisasi kemasyarakat mengenai pelaksanaan pemilihan umum sehingga tingkat partisipasi pemilih menjadi meningkat. Untuk pemilihan kepala daerah kabupaten /kota yang dilaksanakan ditujuh kabupaten/kota pada tahun 2010 yang lalu tingkat partisipasi pemilih mencapai 80 %, Untuk pelaksanaan Pilgub dan Pilkada tahun ini serta Pemilihan Legislatif, KPU NTB menargetkan tingkat partisipasi pemilih lebih dari 80 %, sehingga Provinsi NTB bisa menjadi Tren Canter dari keberhasilan Pemilu di Indonesia. Mengingat Provinsi lain tingkat Golputnya sangat tinggi yang mencapat 40 sampai 50 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU NTB saat pelantikan dan pengukuhan PPK/PPS sabtu kemaren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar