Sabtu, 06 April 2013

KPU LOTIM Mengukuhkan dan Melantik PPK/PPS Pemilihan Legislatif


Dalam rangka menghadapi Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyar Daerah tahun 2014, hari sabtu 6 April 2013 kembali dikukuhkan dan dilantik anggota PPK dan PPS sekabupaten Lombok Timur. Pelantikan PPK dan PPS dilakukan digedung Wanita selong Lombok Timur. Seperti pada pelaksanaan pelantikan PPK dan PPS untuk pemilihan kepala Daerah sebelumnya, dibagi menjadi dua sesi yaitu pagi dan siang mengingat jumlah PPK dan PPS selombok timur tidak mampu menampung sekaligus.

Sebelum dilakukan pengukuhan dan pelantikan pada hari ini,
KPU kabupaten Lombok Timur terlebih dahulu melakukan Konsulidasi dan Koordinasi dengan semua ketua PPK se Lombok Timur, untuk melaporkan kinerja dari anggota PPK dan PPS diwilayah kerja masing-masing. H. Hidayatullah, SE anggota komisioner KPU kabupaten Lombok Timur dalam arahannya menjelaskan kami membutuhkan laporan dari teman-teman PPK sebagai landasan kami untuk mengangkat kembali anggota PPK dan PPS untuk pemilihan Legislatif.

H. Hidayatullah, SE juga menambahkan sekarang ini banyak laporan dari Panwaslu serta elemen masyarakat mengenai kerlibatan penyelenggara pemilu dalam hal ini PPK dan PPS yang terlibat sebagai pengurus partai, tim sukses serta calon anggota legislatif, jika itu benar-benar terbukti kami tidak bisa mentolerir dan langsung kami coret menjadi anggota PPK dan PPS. Hasil rapat konsulidasi tersebut menjadi acuan untuk diangkat dan selanjutnya dilantik kembali menjadi anggota PPK dan PPS untuk pemilihan legislatif.
Acara pengukuhan dan pelantikan anggota PPK dan PPS diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan janji jabatan, serta penandatanganan berita acara pengukuhan dan pelantikan PPK dan PPS. Pengambilan sumpah dan janji jabatan serta penandatangan berita acara dilakukan secara simbolis yang diwakili oleh anggota PPK dari Aikmel dan Terara. Ketua KPU kabupaten Lombok Timur Khairil Anwar melantik dan mengambil sumpah anggota PPK dan PPS disaksikan oleh Rohaniawan, Komisioner KPU serta perwakilan dari Partai politik.

Turut hadir dalam acara pelantikan dan pengukuhan tersebut ketua KPU provinsi Nusa Tenggara Barat  Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si, dalam sambutannya KPU NTB sebelumnnya meminta semua KPU kabupaten/kota untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja, profesionalitas dan integritas anggota PPK/PPS sebelum dilakukan pengukuhan dan pelantikan. Anggota PPK dan PPS senantiasa harus kompak dalam menjalankan tugas dan serta satu kata sesuai dengan hasil kesepatan bersama. Selain itu Ketua KPU NTB menegaskan harus ada koordinasi antara stechorler, PPS berkoordianasi dengan PPK, PPK juga harus tetap berkoordinasi dengan KPU kabupaten/Kota sehingga terjalin komunikasi yang intensif.

Pada kesempatan itu pula Fauzan, menegaskan agar semua anggota PPK dan PPS selalu memperhatikan masalah administrasi yang mungkin dianggap sangat sepele, tapi dampaknya sangat besar guna menjaga segala permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan pemilu. Terkait dengan pelaksanaan debat calon gubernur NTB, ketua KPU NTB menjelaskan bahwa pihak KPU NTB sudah melakukan penandatangan MoU dengan televisi swasta TVONE dan Metro TV pada jumat kemarin (jumat, 5 April 2013). Debat calon Gubernur NTB akan dilaksanakan pada tanggal 27 April 3013 dan 7 Mei 2013. KPU provinsi NTB mengajak semua PPK maupun PPS untuk sama-sama melakukan nonton bareng debat calon gunernur NTB, karena hal tersebut merupakan pembelajan politik yang sangat baik untuk warga Negara. Diakhir sambutannya Fauza Khalid, mengucapan selamat kepada anggota PPK dan PPS yang baru dikukuhkan dan dilantik.(Fais, KMGPK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar