Jumat, 02 Maret 2012

Pelaksanaan UKK 2012 Di SMK Negeri 1 Pringgabaya


           SMK Negeri 1 Pringgabaya merupakan satu-satunya SMK negeri yang ada di wilayah kecamatan Pringgabaya. SMK ini terdiri dari berbagai jurusan diantaranya : Jurusan TEKNIK KENDARAAN RINGAN, TEKNIK SPEDA MOTOR, TEKNIK PERMESINAN, TEKNIK PENGELASAN, TEKNIK AUDIO VIDEO, TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN, TEKNIK MULTIMEDIA, TEKNIK ANIMASI. 

 Foto Siswa sedang melakukan pengujian Amplifier yang dibuat

         Selama dua minggu kedepan siswa-siswi kelas XII SMK Negeri 1 Pringgabaya mengadakan UKK ( Ujian Kompetensi kejuruan) sebagai syarat kelulusan selama mengikuti pendidikan ditingkat kejuruan. Pelakasanaan dimulai hari senin 27 februari dan berakhir sabtu 10 maret 2012, dengan jumlah peserta sebanyak 312 siswa untuk siswa SMK Negeri Pringgabaya sendiri dan 150 orang yang gabung dari sekolah lain yang menjadi anggota sub rayon XII. Kompetensi kejuaruan yang melaksanakan uji kompetensi adalah Teknik Audio Video, Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia dan Animasi. Sebelum pelaksanaan Uji kompetensi Pihak dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok timur menyelenggrakan Verifikasi terhadap sekolah-sekolah yang berhak dan dianggap mampu untuk melaksanakan ujian sendiri. Verifikasi ini bertujuan untuk mengkros sarana prasarana, peralatan, Tim penguji internal serta tim penguji ekternal dalam hal ini dari Dunia Usaha/Dunia industri (DU/DI), jika persyaratan terpenuhi maka sekolah tersebut berhak untuk mengadakan sendiri ujian kompetensi. Setiap Kompetensi kejuruan harus menentukan satu dari tiga paket uji yang ada. Untuk kompetensi kejuruan Teknik Audio Video para siswa-siswi dibebani tugas membuat rangkaian Amplifier 150 Watt, dalam pelaksanaannya dilakukan dalam beberapa tahapan mulai dari membuat layout PCB, melarutkan PCB, mengebor PCB, Mengolder komponen serta melakukan pengujian dan menganalisa rangkaian yang mereka buat. Hasil yang mereka buat kedepannya dapat dipasarkan sebagai produk SMK. 

 Siswa Sedang melakukan instalasi software pada ujian kompetensi kejuruan TKJ

Peserta sedang melalukan perakitan Personal komputer pada Uji Kompetensi Kejuruan TKJ

Sementara untuk kompetensi kejuruan Teknik Kompute dan Jaringan para siswa-siswinya dibebani tugas melakukan perakitan computer, instalasi operasi system, instalasi software, Instalasi jaringan LAN dan WAN, hasil kedepannya siswa mampu melakuka perakitan, instalasi serta mampu melakukan koneksi jaringan local maupun internet. Kompetensi kejuruan multimedia siswa-siswinya dibebani tugas membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan software yang berkaitan dengan multimedia, sementara untuk kompetensi keahlian Animasi tugas yang diberikan adalah membuat iklan layanan masyarakat dalam bentuk karya animasi kartun dengan durasi 1 menit. 

 Siswa melakukan proses bongkar pasang mesin pada Uji Kompetensi Kejuruan 
Teknik Kendaraan Ringan

 Siswa Teknik Pengelasan sedang melakukan praktik 
uji kompetensi kejuruan untuk pembuatan pagar besi

Untuk kompetensi keahlian teknik pemesinan siswa melakukan pembuatan mur pengunci Grinda dengan menggunakan mesin Bubut dan peralatan lainnya, produk yang dihasilkan bias dimanfaatkan untuk peralatan praktik dikompetensi keahlian pemesinan. Sementara kompetensi keahlian pengelasan, siswanya dibebani tugas membuat trali besi untuk jendela, dan pembuatan kerangka atap parker sepeda motor yang langsung dimamfaatkan oleh sekolah sebagai tempat parker siswa dan guru. Kompetensi yang terakhir dalam pembahasan kali ini adalah kompetensi keahlian Teknik sepeda motor, para siswa dibebani membongkar dan memasang sepeda motor Spin, dengan tujuan tune up, pengapian serta kelistrikan. 

 Kepala sekolah SMK Negeri 1 Pringgabaya meninjau secara langsung 
kegiatan Uji kompetensi keahlian

          Dari beberapa tahapan uji kompetensi keahlian yang dilakukan para siswa-siswi sebagai aplikasi dari semua mata pelajaran baik yang kompetensi dasar maupun kompetensi keahlian yang mereka peroleh dari kelas X sampai kelas XII, serta memberikan pengalaman kerja yang terkait dengan jurusan yang mereka kuasai sehingga mampu bersaing didunia kerja nanti. Pihak luar yang dilibatkan dalam pelaksanaan uji kompetensi kejuruan SMK negeri 1 Pringgabaya adalah beberapa Dunia/Usaha dan Dunia industry yang terkait dengan kompetensi yang diujikan. Untuk Kompetensi keahlian teknik audio video pihak sekolah menunjuk Agung Elektronik Service yang beralamat dikota Mataram. Kompetensi keahlian teknik computer dan jaringan, multimedia dan animasi mempercayakan kepada Blassing Komputer sebagai Asesor, sementara untuk teknik pengelasan mempercayakan kepada Suzuki Jaya Motor pancor, teknik pemesinan dan teknik sepeda motor mempercayakan kepada Ahas motor sebagai tim penguji ekternal. Kerjasama dengan berbagai pihak khususnya Dunia Usaha dan dunia industry memiliki manfaat yang besar guna membuka jaringan lapangan pekerjaan untuk para alumni yang sudah barang tentu mengurangi angka pengangguran di usia produktif. 
 Hasil Produk siswa SMK Negeri 1 Pringgabaya 
Untuk Program Keahlian Teknik Elektronika Audio Video

Dalam pelaksanaan kegiatan Ujian kompetensi kejuruan ini tidak luput dari pengawasan pihak yang terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Lombok Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah Ir.Muhiddin. Pelaksanaan monitoring dilakukan guna melihat secara langsung proses pelaksanaan ujian kompetensi kejuruan, dalam kesempatan tersebut beliau merasa bangga melihat hasil-hasil karya siswa-siswi SMK, sehingga pada kesempatan tersebut beliau menawarkan kepada siswa-siswa dibantu oleh para pembimbing untuk mebuat suatu karya dibidang elektronika yaitu pembuatan Sound system yang digunakan pada acara lomba cerdas cermat tingkat kabupaten Lombok Timur. Mendengar tawaran tersebut para siswa serta pembimbing khususnya siswa Teknik audio Video menjadi bersemangat. Ketua Jurusan Teknik Elektronika Galuh Ratna Ningrum, ST dan Guru pembimbing Syafi’I, ST bersedia membimbing siswa-siswa yang akan dilibatkan dalam pembuatan karya tersebut, Kami akan memilih siswa-siswi yang memiliki kelebihan dibidang elektronika untuk dilibatkan dalam proyek tersebut, itulah sepenggal kalimat yang diutarakan ibu Kajur Teknik Audio dan Video. Dalam kesempatan tersebut pula Kepala sekolah SMK Negeri 1 Pinggabaya Drs. Sukmanul Hakim memandang ini sebuah tantangan yang harus dihadapi dan merupakan suatu penghargaan bagi SMK Negeri 1 Pringgabaya yang dipercaya untuk menghasilkan karya tersebut, Pihak sekolah akan mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut berapapun biayanya. Semoga ini menjadi suatu angin segar guna melambungkan nama SMK dimasyarakat.. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar