Rabu, 21 Maret 2012

SMKN 1 PRINGGABAYA MENYALURKAN BANTUAN KE LOKASI BENCANA



Selasa (20/03) kemaren, keluarga besar SMK Negeri 1 pringgabaya melakukan kunjungan kelokasi bencana banjir bandang di Desa Belanting Kecamatan Sambalia. Ikut dalam kunjungan tersebut Kepala sekolah SMK Negeri 1 Pringgabaya Drs. Sukmanul Hakim beserta para jajarannya dan perwakilan siswa yang menjadi pengurus organisasi intra sekolah (OSIS).

Rute yang ditempuh sampai dilokasi banjir bandang  dari SMK Negeri 1 pringgabaya sejauh 50 KM, dengan waktu tempuh hampir 2 jam. Dalam perjalanan tersebut terlihat ada beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan. Kondisi yang paling parah, jembatan yang menghubungkan kota kecamatan Sambalia dengandesa  Belanting putus total, pada hari pertama terjadi banjir bandang jembatan ini masih bisa dilaklui oleh kendaraan bermotor  dan roda empar, hanya yang putus jembatan yang ada dijalan alternative dari jalur pinggir pantai yang melewati SPN Belating, namun sekarang kedua jembatan tersebut putus total yang berdampak pada terisolirnya warga yang ada di Belanting dan sekitarnya. 




Menurut pantauan kami dilapangan untuk membuka ases dengan desa Belanting para warga berinisiatif membuat jalan setapak dengan menggunakan bambu serta dilengkapi dengan tali pengaman, cara ini cukup efektif untuk menghubungkan ke dua desa untuk melakukan distribusi logistic dan para medis yang akan memberikan pelayanan kesehatan kepada para korban bencana.
Setelah beberapa saat rombongan pun berbali Karah meninggalkan lokasi putusnya jembatan Belanting, dengan tujuan melihat secara langsung lokasi perkampungan yang rusak diamuk banjir bandang, Kampung yang kita tuju kali ini adalah kampung Batu Sela, jarak yang ditempuh sekitar 10 Km dari jembatan belanting, dengan berbagai kondisi jalan yang parah, dengan jalanan yang cukup parah dan menantang akhirnya tim pun nyampek dilokasi yang dituju. Sesampai di kampung Batu Sela, rombongan SMK Negeri 1 Pringgabaya disambut oleh para tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada dikampung Batu Sela. Dalam kesempatan tersebut Bapak Kepala Sekolah SMK Negei 1 Pringgabaya Drs. Sukmanul hakim Menyerahkan sumbangan berupa makanan instan, beras serta air mineral. Pengerahan secara sibolis dilakukan diposko banjir bandang yang berlokasi dimasjid Baiturrahim Batu Sela.
 
Sumbangan yang diserahkan tersebut merupakan sumbangan dari para siswa SMK Negeri 1 Pringgabaya yang dikoordinir oleh pengurus OSIS, walaupun jumlahnya tidak banyak yag penting partisipasi dan nilai pendidikan yang titerapkan serta meringankan beban warga saat ini. Pihak sekolah menanamkan rasa solidaritas dan kepedulian pada saudara-saudara kita yang mengalami musibah, pihak sekolah menginsruksikan kepada siswa-siswi untuk menyerahkan sumbanagan kesekolah untuk disalurkan ke korban bencana, sebagai manivestasi nilai-nilai pendidikan yang mereka peroleh, hal tersebut diungkapkan oleh Bapak Ahmadi, MPd  Wakil Kepala sekolah Bidang kesiswaan sekaligus sebagai ketua panitia pelaksanaan kegiatan ini. Dalam kesempatan yang sama posko bencana banjir bandang juga menerima sumbangan dari  Assunah Bagik Nyaka Kecamatan Aikmel, Mahasiswa IAIN Mataram, Komunitas Motor, serta dari salah satu partai politik.

 
Setelah melakukan penyerahan bantuan rombongan menyempatkan diri untuk beramah tamah dengan warga serta melihat secara langsung  dampak yang diakibatkan oleh banjir bandang, terlihat ada beberapa rumah yang roboh akibat terjangan banjir bandang, pipa-pipa air bersih putus yang berdampak terhentinya pasokan air bersih untuk warga, areal pertanian yang rusak akibat digerus arus banjir serta tertimbun materian banjir. Kondisi tersebut menampah penderitaan korban bencana banjir bandang  yang sudah barang tentuh menggugah kita semua untuk ikut serta meringankan beban mereka. Bantuan yang diterima dari para donator sedikit tidak dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa bencana.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar