Selasa, 05 Juni 2012

PELAYANAN KB GRATIS MENJELANG HULTAH NWDI KE-77



        Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun NWDI Ke-77, Organisasi Muslimat NW Pancor mengadakan berbagai kegiatan sosial  dari tanggal 1 mei sampai dengan 5 juni 2012 dengan sasaran  semua lapisan masyarakat. 
 
Kegiatan tersebut  adalah Pelayanan Keluarga Berencana gratis untuk para Akseptor KB  disemua wilayah yang ada dikabupaten Lombok Timur. Jumlah desa  dilayani hampir seratus desa  menyebar di  20 kecamatan  yang ada dikabupaten Lombok Timur. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan keluarga berencana dan keluarga sejahtera.

            Pada pelaksanaan tahun ini khususnya  dikecamatan Pringgabaya, pelaksaannya dilakukan secara serentak  hari ini selasa, 5 Juni 2012 ditiga desa yaitu desa Apitaik, Desa Pringgabaya dan Desa Labuan Lombok, dalam kesempatan tersebut ketua Muslimat NW,  Hj Bq. Rahmayani  ikut serta melakukan peninjauan langsung dilokasi pelaksanaan pemasangan KB gratis,  kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan menjelang dilaksanakannya HULTAH NWDI Ke-77.  Dalam kesempatan tersebut beliau menjelaskan tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebuat adalah untuk menciptakan keluarga kecil bahagian dan sejahtera sesuai dengan himbauan pemerintah untuk menekan jumlah pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, Beliau juga menegaskan kegiatan ini merupakan wujud nyata dari kepedulian organisasi Muslimat NW untuk mensejaterakan seluruh lapisan masyarakat.

          Kegiatan yang diselenggarakan ini tidak lepas dari kerjasama semua unsur  yang terkait dalam hal ini BKKBN dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur. Pada kesempatan tersebut Masrun, S.Sos Perwakilan Dari BKKBN, selaku Ketua pelaksana kegiatan yang ada dikecamatan Pringgabaya memaparkan jenis layanan KB yang dilakukan antara lain IUD, Implan, Pil serta Suntikan, dengan target ketercapaian sebanyak tiga ratus orang  peserta KB baik yang baru maupun yang sudah lama, dengan jumlah peserta untuk yang UID sebanyak 15 orang, Implan sebanyak 100 orang, Pil sebanyak 100 orang serta suntikan sebanyak 185 orang, menyebar ditiga desa yang ada dikecamatan pringgabaya.
          Kegiatan ini merupakan wujud  tanggung jawab pemerintah dalam hal ini BKKBN beserta Organisasi Muslimat NW dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan dan kualitas tenaga pelayanan KB, salah satunya adalah dengan memberikan dukungan alat dan obat kontrasepsi (alokon) seratus persen gratis bagi  seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali, Untuk itu keterlibatan pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan sangat bermanfaat guna mendukung kebijakan pemerintah dengan membebaskan biaya pelayanan KB bagi seluruh Akseptor KB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar