Jumat, 08 Juni 2012

PELAYANAN POSYANDU BANJAR SARI 2




       Begitu semangatnya para ibu-ibu menggendong buah hatinya (Anak) kesayangan yang masih lucu-lucunya, wajah-wajah mereka keliatan berseri-seri  setelah disambut  dan dilayani oleh Ibu  kader, petugas kesehatan serta bidan desa yang semuanya ramat-ramah.
        Itu lan bagian terkecil yang kami rasakan disaat meliput kegiatan posyandu yang berlangsung kampung Banjar Barat, Desa Labuan Lombok kecamatan Pringgabaya. Disaat para kader dan petugas kesehatan sibuk melayani para ibu-ibu beserta balitanya, kamipun menyempatkan diri untuk sekedar berbincang dengan salah seorang kader.
       Adalah ibu Hujaimah, Ketua kader yang bertugas melayani para ibu-ibu serta balitanya untuk mendapatkan pelayanan pada kegiatan posyandu yang diberi nama Posyandu Banjar Sari 2. Posyandu yang dilaksakan tersebut dibatu oleh lima orang kader yang mendampingi  tim medis yang berasal dari puskesmas Labuan Lombok. Tim medis yang hadir saat posyandu tersebut terdiri dari tiga bidang yaitu dari gizi yang bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu bagai mana cara memberikan asupan gizi kepada para bayi mereka dengan harapan para bayi akan terhindar dari gizi buru. Bidan desa juga hadir dalam kegiatan tersebut yang untuk memberikan pelayanan kepada ibu-ibu hamil untuk memeriksa kandungannya, hal tersebut dilakukan untuk meminimalkan terjadinya cacat bayi serta kematian bayi dan ibu disaat para ibu hamil melakukan persalinan. Satu lagi tim medis yang perannya tidak kalah penting adalah yang  bertugas memberikan pelayanan imunisasi kepada balita.
       Dalam kesempatan tersebut ketua kader Ibu Hujaimah menjelaskan bahwa Posyandu Banjar Sari 2 melayani  97 balita serta 15 ibu hamil yang ada diwilayan kampung Banjar Barat. Pelayanan Posyandu rutin dilakukan setiap awal bulan dengan jumlah pengunjung balita dan ibu hamil yang semakin meningkat tiap bulannya. Peningkatan tersebut dikarenakan para ibu-ibu memiliki kesadaran yang tinggi untuk memeriksakan balitanya ke Posyandu, didamping itu pula para kader secara pro aktif melakukan tindakan razia kerumah-rumah para ibu-ibu yang tidak hadir pada pelaksanaan posyandu, sembari mereka memberikan pencerahan kepada ibu-ibu tentang pentingnya memeriksakan kesehatan para Balitanya.
       Untuk para ibu yang memiliki balita serta ibu hamil diharapkan kesadarannya untuk memanfaatkan pelayanan posyandu tersebut dengan harapan agar para ibu hamil dapat terdeteksi secara dini permasalahan kesehatan dari janin yang dikandung, guna mengurangi tingkat cacat dan meninggalnya bayi dan ibu hamil. Untuk para ibu-ibu yang memiliki balita agar senantiasa juga membawa balitanya untuk mendapatkan pelayanan imunisasi agar para bayi kebal terhadap berbagai macam penyakit  yang sudah barang tentu kedepannya mengasilkan generasi-generasi yang sehat dan cerdas untuk melanjutan  tampuk pimpinan negeri ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar