Senin, 19 Maret 2012

PEMBANGUNAN PASAR UMUM LABUAN LOMBOK MASIH MENGGANTUNG




             
            Pasar Umum Labuan Lombok diawal januari 2012, sudah dipindahkan ke tempat sementara yang berjarak sekitar seratus meter dari lokasi pembangunan pasar umum Labuan Lombok . Bangunan-bangunan yang berdiri kokoh pun dirobohkan hingga rata,  berharap pembangunan pasar tersebut segera dilaksanakan.  Namun hingga pertengahan bulan Maret ini tanda-tanda pembangunan pun belum dimulai, hingga kapan  pembangunan tersebut akan terlaksana. Pasar sementara pun tidak memenuhi syarat, karena drainasenya yang kurang memadai, jika terjadi hujan air akan tergenang yang menyebabkan tanah menjadi becek dan berlumpur yang berdampak pada minat pembeli untuk mengunjungi pasar sementara Labuan Lombok akan berkurang yang menyebabkan perputaran prekonomian masyarakat menjadi menurun. Belum lagi permasalahan tata letak lapak-lapak yang ada dipinggir-pinggir jalan sekitar pasar sementara Labuan Lombok  seperti kumuh serta kemacetan yang tidak bisa dihindari. Labuan Lombok merupakan gerbang pertama memasuki pulau lombok yang menghubungkan pulau Sumbawa dan Lombok, sudah barang tentu memberikan citra yang buruk untuk kabupaten Lombok Timur pada khususnya dan Pulau Lombok pada  umumnya.

             Sampai kapan pemabangunan pasar umum Labuan Lombok mulai dibangun, itu lah pertanyaan yang sering terlontar dari masyarakat.  Siapa yang harus bertanggung jawab dengan masalah ini. Jawaban-jawaban yang berkaitan dengan pembangunan pasar belum bisa terjawabkan, kini muncul suatu permasalahan yang mungkin butuh kesadaran dari warga yang ada disekitar pembangunan pasar umum Labuan Lombok. Kini disepanjang area pembangunan pasar berserakan sampah-sampah yang dibuang oleh warga, pemandangan ini mengganggu pemandangan serta bau aroma sampah yang menyengat menambah kurangnya kenyamanan para tamu yang melewati  jalan jurusan kayangan – Mataram.

             Masalah tersebut tidak hanya pada menandangan serta aroma yang kurang menyenangkan, dimusim hujan seperti saat sekarang ini sampah menjadi tempat bersarangnya berbagai sumber penyakit yang bisa berdampak pada warga yang ada disekitar lokasi pembangunan pasar umum Labuan Lombok. Lalat dan nyamut hidup dan berkembang ditempat tersebut yang selanjutnya akan mengganggu kesehatan warga disekitarnya.
             Ditahun 2012 ini Provinsi NTB menargetkan jutaan wisatawan yang akan berkunjung di pulau Lombok dan pulau Sumbawa, hal tersebut memberikan citra yang buruk terhadap program tersebut sebab para wisatawan akan terganggu dengan pemandangan yang kurang menyenangkan, diharapkan para pemimpin yang terkait dengan permasalahan diatas untuk segera menindaklanjuti, semoga pembangunan pasar Umum Labuan Lombok bisa dilaksanakan secepatnya sehingga perekonomian masyarakan menjadi menggeliat yang secara otomatis bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat.Untuk mansyarakat yang disekitar pembangunan pasar umum Labuan Lombok diharap kesadaranya, agar tidak membuang sampah agar lingkungan bisa terjaga dari sumber penyakit yang akan timbul lebih-lebih dimusim hujan seperti sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar