Selasa, 30 April 2013

Bocah Penjual Jajanan Keliling

-->
Inilah aktifitas keseharian yang dijalani oleh Rian, bocah 8 tahun yang masih duduk dibangku sekolah dasar kelas 2 SD Negeri 1 Labuan Lombok, Hampir tiap hari Rian menjalani aktifitas berjualan keliling kampung seputar desa labuan Lombok. Rian berjualan keliling kampung selepas pulang sekolah , sehingga tidak menyita kegiatan bersekolahnya.

Menurut penuturan Rian, berjualan dilakukan untuk membantu orang tua yang penghidupannnya pas-pasan, bapaknya seorang buruh nelayan sedangkan ibunya seorang pembantu rumah tangga.
Dari hasil berjualan perharinya Rian menyisihkan 2 ribu rupiah untuk ditabung guna membeli kebutuhan sekolahnya, seperti pakaian seragam, sepatu, buku dan kebutuhan sekolah lainnya, sementara sisanya digunakan untuk membantu orang tuanya guna kebutuhan sehari-hari.

Jajanan yang dijajakan Rian antara lain, Jaran kote (jajan khas labuan lombok), roti goreng serta donat. Harga perbijinya kisaran 500 rupiah sampai 1000 rupiah. Setiap 10 ribu rupiahnya Rian mendapatkan keuntungan sebesar 2 ribu rupiah. Dalam sehari Rian mampu menjual jajanannya 50 ribu samapi 100 ribu rupiah.

Jajanan yang dijajakan Rian diambil dari salah seorang warga yang membuka usaha rumahan membuat berbagai jajan. Untuk menarik minat pembelinya Rian memiliki terik khusus saat berkeliling kampung menjajakan jualannya, “Beli Jaran Kote, Roti Goreng, Donat....” itulah kata-kata yang keluar dari mulut Rian yang irama yang khas, sehingga para pembali tahu ada Rian yang sedang menjajakan jualannya.
Tidak jarang jualan Rian habis hanya satu kali berkeliling kampung.

Bocah Rian mungkin bisa jadi motivasi buat kita semua, dengan umur yang selayaknya digunakan untuk menghabiskan masa bermainnya tersita hanya untuk membantu kebutuhan orang tua, guna meraih cita-citanya untuk melanjutkan pendidkan setinggi-tingginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar