Jumat, 19 April 2013

Warga Dasan Baru Bangun Pondok Pesantren Rahmatul Ummah Az-Zuhdi

-->
Kini masyarakat Dasan Baru desa Pringgabaya Utara menyambut dengan antusias pendirian Pondok Pesantren Rahmatul Ummah Az-Zuhdi mengingat pendirian Yayasan Pendidikan ini dilatarbelakangi karena jauhnya jarak yang harus ditempuh anak-anak peserta didik khususnya yang masih duduk di tingkat sekolah dasar yang ada di Dusun Dasan Baru yang merupakan pusat dari pemerintahan desa Pringgabaya Utara.
Sekolah terdekat yang bisa jangkau oleh anak didik antara SDN 3
Pringgabaya yang berjarak kurang lebuh 2 Km dan SDN 6 Pringgabaya yang berjarak 1,5 Km dari tempat tinggal mereka. Untuk mencapai SDN 3 Pringgabaya mereka harus melewati ladang, kebun dan persawahan, Hal ini lebih diperparah lagi bila musim penghujan tiba dimana jalur yang biasa mereka lewati menjadi becek karena genang air membuat jalan yang mereka lalui licin sehingga berbahaya untuk dilewati bahkan ketika hujan terus menerus mengguyur daerah ini tak jarang terjadi banjir setinggi lutut orang dewasa.
Sementara jika para didik memilih bersekolah di SDN 6 Pringgabaya mereka harus melewati jalan raya yang ramai dilewati mobil maupun motor. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua. Hal tersebut yang melatarbelakangi tokoh masyarakat berniat untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan, Ponpes Rahmatul Ummah yang digagas oleh TGH. Zuhdi A.Ahmad, Lc,M.Pd.I, Ust. Bukran, M.Pd.I, Burhanudin, S.Pd.I, Lalu Ikhsan, S.Pd dan tokoh masyarakat lainnya melakukan terobosan untuk memulai pembangunan pembaga tersebut.
Meskipun dalam kondisi bangunan yang sangat sederhana berdinding pagar bambu (bedek) dan beratapkan daun kelapa. Walaupun fasilitas yang sangat minim tidak mengurangi minat para orang tua untuk menyerahkan anak-anaknya menuntut ilmu di Ponpes ini. Saat ini jumlah santri yang melaksanakan pendidikannya berjumlah 100 orang Santri.
Ponpes Rahmatul Ummah saat ini melaksanakan pendidikan antara lain Majklis Ta'lim, Madrasah Diniah, Taman Pendidikan Al-Quran, serta Kursus Bordir bali para santri dan masyarakat umum, sementara untuk Sekolah Dasar Islam Berbasis Pondok Pesantren baru akan dibuka pada tahun pelajaran 2013/2014 mendatang, Semoga pendirian dari yayasan ini bisa mencetak generasi-generasi yang akan melanjutkan tampuk pimpinan negeri ini, sehingga peran serta dari berbagai pihak khususnya pemerintah sangat diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar