Sabtu, 24 November 2012

PPS Batuyang Gelar Rapat Pembentukan PPDP


Jumat (23/11), Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa Batuyang Kecamatan Pringgabaya melaksanakan Rapat penentuan anggota PPDP (Petugas Pemutahiran Data Pemilih). Rapat ini berlangsung diaula kantor desa Batuyang, dihadiri oleh aparat desa, semua Kepala Dusun yang ada diwilayah desa Batuyang serta para tokoh agama.

Sehari sebelum digelar rapat penentuan anggota PPDP, PPS desa Batuyang terlebih dahulu melaksanankan rapat dengan pihak desa untuk menentukan ketua PPS serta memilik tiga orang staf yang akan membantu segala kegiatan dari anggota PPS. Hasby Assydiki terpilih sebagai ketua PPS yang beranggotakan Suhardi dan Mutmainah.

Sementara untuk membantu PPS, pemerintahan desa Batuyang menunjuk 3 orang staf dari desa,  Linong Sari, SH sebagai sekretaris PPS, Nurdin serta Abdul Hamid yang akan bertugas dalam hal admistrasi dan Laporan Keuangan. Hasil Rapat tersebut selanjutnya dituangkan dalam berita acara pemilihan Ketua PPS serta penerbitan SK Kepala Desa perihal penunjukann staf yang membantu kegiatan dari PPS.

Rapat pembentukan PPDP ini dilaksankan sesuai dengan surat edaran KPU Lombok Timur nomor 62/KPU-Lotim/XI/20012 tentang pembentukan anggota PPDP ditiap Kepala dusun. Setiap anggota PPDP akan melakukan pemutahiran data pemilih per TPS dengan jumlah pemilih maksimal 450 orang.

Desa Batuyang terdiri dari 10 kekadusan dengan jumlah pemilih 6214 orang berdasarkan daftar pemilih pada Pilkades yang baru usai digelar. Kesepuluh kekadusan tersebut antara lain Batuyang Daya, Batuyang tengah, batuyang Lauq, Rumbuk, Padamara, Bagek atas, Bagek Longgek, Bagek Longgek Daya, Senang dan Batu Belek. Dari 10 kekadusan tersebut terbagi menjadi 19 TPS yang menyebar disemua kekadusan.

Kekadusan Batuyang Daya dan Padamara memiliki penduduk yang padat sehingga harus 2 TPS yang akan dibentuk, sementara untuk desa Senang, Batu Belek, Bagek longgek Daya dan Bagek Atas masing-masing satu TPS, dan kekadusan yang lainnya masing-masing 2 TPS, sehingga total keseluruhan TPS didesa Batuyang berjumlah 19 TPS. Petugas PPDP yang dibentuk berasal dari semua Kepala Dusun (Kadus) dan ditambah dari unsur pemuda dan kader yang berjumlah 19 orang.

Hasby Assydiki selaku ketua PPS dalam sambutannya petugas PPDP merupakan kunci dari keberhasilan kegiatan Pilkada Bupati wakil Bupati dan Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur yang akan diselenggarakan pada 13 Mei 2012 mendatang, Oleh sebab itu diharapkan para petugas benar-benar menjalankan tugasnya dengan mendatangi langsung para warga sehingga keabsahan data dapat dipertanggungjawabkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar