Kamis, 22 November 2012

Pembangunan Kantor Desa Seruni Mumbul Mangkrak


Setelah dilantik pertengah September lalu, Kepala desa Seruni Mumbul masih berkantor ditempat rumah warga yang dipinjam saat pembentukan desa Serunu Mumbul yang sudah memekarkan diri dari desa induk Labuan Lombok.

Dari pengamatan kami terkesan bahwa aktifitas para aparat desa kurang leluasa untuk melayani masyarakan karena tempatnya yang sempit dan kurang memadai. Kami menemui kepala desa diruang kerja untuk menanyakan hal tersebut.


Pemerintah desa belum pindah ke tempat kantor yang baru terkendala pembangunannya belum selesai serta adanya permasalahan pemerintah desa dengan panitia pembangunan kantor desa, Hal tersebut disampaikan kepala desa Seruni Mumbul, Tajudin MS.

Beliau menambahkan pula permasalahan yang ada terkait pembangunan kantor desa Seruni Mumbul adalah luas tanah yang tidak sesuai dengan rencana serta  utang yang belum terbayarkan saat pembangunan kantor desa tersebut. Pemerintahan desa dalam hal ini kepala desa meminta kepada panitia untuk mengklarifikasi mengenai luas tanah yang sebenarnya, 

Pihak desa juga meminta kepada panitia pembangunan kantor desa untuk menunjukkan bukti nota pembelian bahan senilai 30 juta yang menjadi beban pemerintah desa.  Sehingga pemerintahan desa dapat menentukan kebijakan untuk melanjutkan pembangunan kantor desa yang masih terbengkalai. 

Dikesempatan itu pula Tajudin, MS saat ini sedang melakukan berbagai program yang akan mensejahterakan rakyat yang dipimpinnya. Ada tiga program andalan yang sedang digodong untuk segera terealisasi anatara yaitu meningkatkatkan kesejateraan para nelayan, Pengadaan sumur bor untuk pertanian serta Penyusunan peraturan desa yang menjadi acuan untuk menentukan kebijakan.

Desa seruni Mumbul berbatasan langsung dengan teluk Lombok sehingga hampir sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Para nelayan hanya mengandalkan peralatan yang sederhana sehingga mereka kalah bersaing dengan nelayan dari luar yang memiliki peralatan serta modal. Kedepannya pemerintah desa akan menjalin kerjasama dengn dinas kelautan guna memberikan penyuluhan serta bantuan untuk para nelayan agar mereka bisa bersaing dengan nelayan luar.

Luas Wilayah desa seruni Mumbul 940 Ha dengann struktur tanah yang kering dengan mengandalkan musim penghujan untuk melakukan kegiatan pertanian, melatarbelakangi kondisi tersebut Tajudin, MS merencanakan membuat beberapa titik sumur bor sehingga kegiatan warga untuk bertani tidak lagi mengandalakan musim penghujan yang sudah barang tentu bisa memaksimalkan lahan pertanian yang tergolong masih subur.

Program utama yang masih dalam tahap penggodokan saat ini adalah pelakukan perampungan terhadap Peraturan Desa yang akan menentukan kebijakan dan program pemerintahan desa kedepannya. Dengan rampungnya peraturan desa nantinya Tajudin MS berharap dapat mensejahterakan penduduknya yang berjumlah 5277 jiwa yang menyebar didusun yaitu dusun Mandar. Dusun Sasak dan Dusun dames.

Diakhir wawancara kami Tajudin, MS berharap semua pihak harus bekerja sama membangun desa kita tercinta ini. Hanya dengan kebersamaan serta kekompakan semua elemen masyarakat, insyaallah desa ini kedepannya akan maju, kita memiliki asset yang belum kita berdayakan imbuh Tajudin MS.

Program-program yang sudah direncanakan tidak mungkin akan terealialisasi jika tidak ada dukungan dari pemerintah daerah dalam hal ini kabupaten Lombok Timur dengan dinas terkaitnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar