Selasa, 06 November 2012

Laporan Motivator KM Gerbang Patuh Karya Bulan Oktober 2012

LAPORAN KEGIATAN MOTIVATOR KM GERBANG PATUH KARYA
BULAN OKTOBER 2012
NO
HARI / TANGGAL
LOKASI
MATERI KEGIATAN
1
Selasa, 2 Oktober 2012
Udiklat PT. PLN Pandaan
Saat jadwal istirahan kami beberapa teman yang ikut diklat melakukan obrolan sambil menikmati kopi, Motivator memberikan gagasan agar semua guru yang ikut diklat ini memiliki forum guru-guru teknik listrik. Pak Wardoyo, pak Andy dan pak Nasir yang merupakan perwakilan dari pulau Lombok dan Sumbawa setuju membentuk MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Teknik Listrik, yang jadi permasalahan karena kami menyebar diberbagai kabupaten kota, masalah komunikasi pun terjadi permasalahan, Motivator memberikan gambaran dan pemaparan tentang dunia maya yang sekarang ini bias kita akses dimana dan kapan pun. Saat itulah Motivator memberikan saran untuk membuat Grup dimedia Facebook dan kedepannya kami punya website resmi yang bias diakses untuk semua kalangan yang berhubungan dengan materi kelistrikan, sehingga misi untuk menaikan Grad putra-putri daerah bisa terelisasi.
2
Kamis, 4 Oktober 2012
Ruang Labaoratorium Listrik
Waktu Istirahat motivator sedang asyik-asyiknya melakukan browsing didunia maya (Internet) untuk membuka informasi-informasi terkini, salah satunya www.kampung-media.com. Kebetulan saat kami membuka ada seorang teman diklat melihat. Ibu Ifa bertanya lagi buka apa itu…? Kami menjelaskan bahwa ini lah website kampung media yang terdiri dari anggota komunitas yag menyebar dikabupaten/kota yang ada di Nusa Tenggara Barat. Ibu ifa pun mengapresiasi isi berita-beritanya.
3
Sabtu, 5 Oktober 2012
Diruang Tunggu Bandara Juanda Surabaya
Karena pesawat yang kami tumpangi menuju Lombok di delay hampir 4 jam, kami pun diarahkan ke sebuah café, nah disitulah kami berkenalan dengan seorang bapak-bapak yang berasal dari Malang, beliau menanyakan tentang NTB khususnya Pulau Lombok. Kami pun menjelaskan semampunya mulai dari tempat-tempat pariwisatanya, Adat-istiadatnya, bahkan mutiara yang menjadi Icon Nusa Tenggara Barat didaerah-daerah Lain. Bapak itu pun sangat berbinat untuk mengunjungi NTB, kami pun menawarkan diri untuk sekedar jadi penunjuk jalan jika beliau jadi berkunjung ke Lombok.
4
Minggu, 7 Oktober 2012
Pantai Pulo Lampu Sambalia
Saat kami melakukan rekreasi sama keluarga, motivator berjalan menelusuri bibir pantai sambil melihat view yang bagus untuk difoto, tanpa kami sadari ada beberapa anak remaja yang sedang berkumpul dipantai tersebut sembari menyapa kami, Pak guru….! Seru mereka, Kami pun akhirnya menyamperin mereka yang saat itu sedang belajar kelompok untuk menyelesaikan tugas dari guru, para siswa tersebut diberikan tugas untuk mencari materi diinternet untuk dibuat sebagai paper. Tapi kendala modem yang mereka pakai tidak bisa terkonekdi dengan salah satu provider, kami pun mengajarkan trik dan langkah-langkah untuk proses instalasi modem tersebut.
5
Senin, 8 Oktober 2012
Di Ruang Kepala SMK Negeri 1 Pringgabaya
Karena Motivator baru pulang melaksanakan diklat yang merupakan utusan dari sekolah, sudah semestinya kami harus melakukan pelaporan secara lisan kegiatan yang kami lakukan saat ikut pelatihan tersebut, kami menjelaskan beberapa hal yang terkait dengan program selanjutnya guna meningkatkan kompetensi anak bangsa sehingga lulusan SMK Negeri 1 Pringgabaya memiliki lulusan yag bias diterima oleh perusahaan milik Negara dalam hal ini PT. PLN Persero. Bapak kepala sekolah mengapresiasikan kegiatan tersebut.
6
Selasa, 9  Oktober 2012
halaman Kantor Desa Labuan Lombok
Saat kami melakukan peliputan pada kegiatan operasi katarak yang diselenggrakan oleh yayasan Kemanusiaan Indonesia, Kami bertemu dengan Bapak Wayan Sukajaya selaku Senior Projects Manager, kami memperkenalkan diri, serta memperkenalkan nama media online KM gerbang Patuh karya dan website kampung media provinsi Nusa tenggara Barat, Bapak Wayan pun meminta ke kami alamat blog dan websitenya.
7
Rabu, 10 Oktober 2012
Diaula Kantor desa Labuan Lombok
Diaula kantor desa Labuan Lombok ada kegiatan pembuatan Elektronik KTP, kami melakukan perbincangan dengan beberapa orang yang sedang mengantri nunggu giliran dalam pembuatan E-KTP, ada salah satu warga bertanya, dari mana pak, kami pun menjelaskan bahwa motivator bertugas untuk meliput kegiatan tersebut, para warga pun berebutan minta di foto, Kami menjelaskan kebeberapa warga tersebut bahwa berita ini bias dibaca oleh semua orang yang ada diseluruh dunia, mereka pun heran kok bias pak…? Itu karena adanya internet, begitu kami menjelaskannya.
8
Kamis, 11 Oktober 2012
Ruang guru SMK Negeri 1 Pringgabaya
Kegiatan bulanan yang dilakukan secara rutin setiap bulan di Sekolah adalah Rapat Koordinasi yang membahas semua yang berkaitan dengan sekolah, kebetulan permasalah yang paling disoroti adalah tingkat kehadiran siswa, sempat beberapa guru mengusulkan beberapa metode yang harus digunakan untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut. Motivator mengusulkan agar semua metode yang dipaparkan oleh beberapa orang guru tersebut, tapi eksekusinya kita lakukan dengan media interner, kebetulan sekolah sudah melakukan kerja sama dengan salah satu provider telekomunikasi, sehingga informasi kehadiran siswa tersebut dapat langsung dipantau oleh para wali murid yang akan dikirim ke HP orang tua masing-masing, serta jika ada panggilan orang tua tidak perlu menggunakan surat yang belum tentu juga bisa diterima secara langsung. Tapi dengan HP semua informasi akan langsung diterima.
9
Senin, 15 Oktober 2012
Di ruang Warnet PLIK SMK Negeri 1 Pringgabaya
Kami melakukan obrolan dengan beberapa orang teknisi yang sedang membatu kami untuk memperbaiki PLIK, Kami menjelaskan kepada Yunan, Awan sera beberapa orang guru yang ikut melihat kegiatan kami, tentang pentingnya internet, kami menceritan beberapa pengalaman yang pernah kami dengar saat mengikuti acara pengukuhan Relawan TIK waktu lalu yang dilaksanakan di Lombok Raya, Kami menyampaikan hal tersebut Agar internet tidak hanya digunakan untuk hal-hal bisa tapi bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa baik ilmu, serta financial.
10
Rabu, 17 Oktober 2012
Diruang Aula KPU Kabupaten Lombok Timur Di Selong
Saat kami mengikuti test seleksi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Komisioner KPU meminta peserta untuk memaparkan visi dan misinya untuk bergabung menjadi anggota PPK, kami pun mendapat giliran untuk pemaparan visi dan misi. Motivator menitik beratkan visi dan misinya untuk memaksinalkan penggunaan media internet untuk semua hal yang berkaitan dengan proses pemilihan, sehingga informasi apapun aan bisa sampai dalam hitungan detik. Komisioner KPU memberikan apresiasi kepada kami.
11
Sabtu, 20 Oktober 2012
Di aula SMA Negeri 1 Kota Mataram
Saat kami mengikuti kegiatan pelatihan media pembelajaran yang merupakan program kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Usai kegiatan tersebut kami melakukan perbincangan dengan salah satu peserta Damar Pramudadi, ST salah satu guru yang ada kabupaten Lombok Tengah. Kami melakukan shering pengalaman dalam mengajar kepada anak didik. Motivator menjelaskan manfaat Fecebok yang selama ini hanya digunakan untuk sekedar update status yang tidak penting, Hal tersebut sedikit demi sedikit dapat kita rubah dengan mengajak para siswa untuk bergabung kedalam satu grup. Digrup itu lah semua pembelajaran akan kami share, serta kami akan meneriam segala pertanyaan seputar pelajaran selama 24 jam. Sehingga komunikasi siswa dengan guru akan selaku terlaksana dimana dan kapanpun asal ada jaringan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar