Minggu, 21 Oktober 2012

PUSTEKKOM KEMDIKBUD SOSIALISASI PORTAL RUMAH BELAJAR


Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat sabtu (21/10/2012) mengadakan kegiatan seminar dalam rangka sosialisasi Portal Rumah Belajar yang akan diluncurkan awal bulan November mendatang. Kegiatan ini dipusatkan di Kantor Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Kegiatan tersebut diawali dengan acara pembukaan yang diikuti dari berbagai utusan baik siswa maupun guru pendamping.

Kegiatan selanjutnya dibagi menjadi dua, kegiatan untuk siswa yaitu kuis yang diselenggarakan oleh Perkumpulan yang bernama KIHAJAR (Kita Harus Belajar) yang diikuti dari berbagai jenjang pendidikan SD, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK untuk mendapatkan pemenang masing-masih satu orang untuk jenjang pendidikan guna mewakili Nusa Tenggara Barat ditingkat Nasional. Kegiatan Kuis ini dilaksanakan di Aula Handayani Kantor Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Sementara untuk kegiatan  lainnya khusus guru pendamping yaitu seminar sosialisasi Rumah Belajar yang dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Kota Mataram. Pada pemaparan materi tersebut Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  dengan situs Http://belajar.kemdikbud.go.id/. Portal ini berisi bahan belajar untuk guru, Bahan belajar siswa, wahana aktifitas komunitas/forum, bank soal serta catalog media pembelajaran. Portal Rumah Belajar ini diharapkan menjadi milik komunitas, dengan mengisi konten dan aktifitas dari dan untuk komunitas belajar, sedangkan Kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam hal ini Pustekkom sebagai inisiator, fasilitator dan regulator.
Portal Rumah Belajar ini dikembangkan untuk menfasilitasi berbagai kebutuhan siswa dan guru di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Kebutuhan tersebut antara lain: tersedianya berbagai bahan belajar berbasis web untuk pendidikan, terjadinya komunitas dan kolaborasi antar komunitas pendidikan dan terbentuknya budaya belajar dengan memanfaatkan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK).  
Sesuai dengan visi dari Portal Rumah Belajar ini Mewujudkan Pembelajaran Sepanjang Hayat Untuk Semua, maka didalam portal Rumah Belajar ini dikembangkan beberapa aktifitas belajar antara lain Forum yang tergabung dalam komunitas online untuk dapat saling berkomunikasi antar anggota  baik siswa, guru, orang tua bahkan umum. Kelas maya merupakan system e-Pembelajaran yang berfungsi menyediakan fasilitas untuk aktifitas pembelajaran secara nline dan dimungkinka guru membuka kelas maya yang merupakan Sub-system dari Portal Rumah Belajar, Sedangka untuk aktifitas yang ketiga yaitu Bimbingan Belajar On-line untuk menyediakan bimbingan belajar secara online bagi siswa SMP dan SMA yang akan melaksanakan Ujian Nasional.
Pada kesempatan tersebut salah satu Perwakilan guru SMK, Zulhandi utusan SMK Negeri 1 Pringgabaya, memandang program ini sangat baik, tapi mungkin perlu pengkajian lebih dalam karena sekarang ini banyak para siswa yang memanfaatkan fasilitas internet sekedar untuk mebuka konten-konten dewasa yang belum layak dikonsumsi untuk para pelajar. Semoga program ini bias dimanfaatkan untuk kita semua seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar