Rabu, 31 Oktober 2012

PLIK PRINGGABAYA BEROPERASI KEMBALI


PLIK Pringgabaya yang sempat pakum hampir setengah tahun kini beroprasi kembali. PLIK Pringgabaya merupakan bantuan Kementerian Komunikasi  dan Informatika Republik Indonesia melalui program USO. Aktifitas PLIK  Pringgabaya beberapa bulan kebelakang tidak beroperasi dikarenakan ada beberapa perangkat  mengalami kerusakan. Pihak pengelola melakukan koordinasi ke beberapa pihak yang terkait dengan program ini antara lain PT. WEB dan PT Lintasarta
.
Setelah sebelumnya anggota KM. Gerbang Patuh Karya berinisiatif untuk mengaktifkan kembali PLIK tersebut, dengan melakukan pemindahan ruangan dari tempat sebelumnya kemudian melakukan instalasi perangkat, serta melakukan troubleshooting perangkat yang masih bermasalah. Permasalahn yang ditemukan adalah server yang menjadi induk system kontrolnya tidak bisa berkerja, sehingga KM. Gerbang Patuh Karya bersama pengelola berkoordinasi dengan teknisi dari PT. WEB untuk wilayah Lombok Timur.
Dalam kesempatan tersebut Sapwan, selaku teknisi PT. WEB berterima kasih kepada rekan-rekan Kampung Media yang telah perduli terhadap kelangsungan program ini, dengan menyumbangkan pemikiran dan tenaganya guna membantu kami untuk memperbaiki PLIK Kecamatan Pringgabaya yang berlokasi di SMK Negeri 1 Pringgabaya. Sapwan menambahkan untuk wilayah kabupaten Lombok Timur ada beberapa PLIK yang tidak bisa beroperasi karena kendala teknis, sehingga peran dari rekan-rekan kampung Media sangat kami harapkan, agar fasilitas ini bisa benar-benar dipergunakan untuk memasyarakatkan internet.
Awak KM. Gerbang Patuh Karya disela-sela kunjungannya  ke lokasi  Warnet PLIK Pringgabaya merasa puas dan bangga dengan beroperasinya PLIK tersebut. Kami sempat mewawancarain beberapa siswa yang sedang menikmati layanan internet kecamatan. Ali, siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Pringgabaya merasa senang internet yang ada disekolah mereka sudah bisa beroperasi kembali. Kami tidak perlu lagi jauh-jauh keluar sekolah untuk ngenet guna mendapatkan materi belajar serta untuk menyelesaikan tugas ungkap Maryam yang juga siswa SMK Negeri 1 Pringgabaya.
Pihak Pengelola Internet Kecamatan yang ada diwilayah Pringgabaya ini bukan saja melayani para siswa yang ada di SMK Negeri 1 Pringgabaya saja, tapi semua lapisan masyartakat bisa menikmatinya. Tarif perjam yang dibebankan sangat murah, untuk para siswa hanya Rp. 1000 per  jam sementara untuk tarif umum Rp. 2000 per jam. Untuk masing-masing penggunakan harus mendaftar dulu sebagai pelanggan yang secara otomatis pelanggan tersebut sudah memiliki folder tempat menyimpan file-file yang dimiliki tanpa bisa dibuka oleh orang lain. Semoga fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk memberikan manfaat  ke masyarkat, khususnya  dunia maya yang selama ini berkonotasi negatif. Sehingga masyarakat ke depannya menjadi lebih cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar