Senin, 08 Oktober 2012

GURU SMK SE-NTB IKUTI DIKLAT PLN


Minggu (23/09/2012) PT PLN (Persero) wilayah Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan pelepasan peserta Pelatihan Guru-Guru SMK Se-NTB dalam rangka peningkatan kompetensi anak bangsa yang dilakukan dihotel Grend Royal Praya, kabupaten Lombok Tengah.

Program ini merupakan kerja sama PT.PLN (Persero) dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat, dalam rangka menaikkan gred dan kompetensi para pendidik guna meningkatkan kompetensi peserta didik agar bisa bersaing minimal didaerah kita ini sehingga para lulusan SMK dapat diterima bekerja di PLN.
Kegiatan ini dipandang sangat penting dan bermanfaat sebagai upaya kerjasama pemerintah khususnya dinas pendidikan pemuda dan olehraga dengan pihak perusahaan Negara dalam hal ini PT. PLN (Persero), yang bertujuan Untuk meningkatkan kompetensi anak bangsa melalui Uprading Guru-Guru SMK se kabupaten/kota yang ada diwilayah provinsi Nusa tenggara Barat, hal terbut disampaikan oleh Unaiyah, perwakilan Dinas DIKPORA Provinsi Nusa tenggara Barat saat acara Pelepasan .
Pada kesempatan yang sama Akbar Ali selaku General Manager PT.PLN Wilayah NTB menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan gayung bersambut dari program PT.PLN Wilayah NTB guna memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada para lulusan-lulusan SMK yang ada diwilayah Nusa Tenggara Barat untuk bekerja di PLN. Melalui kegiatan ini guru-guru dibekali mengenai materi kelistrikan guna disamapaikan ke anak didik. Beberapa tahun terakhir ini PLN membuka kesempatan kepada para lulusan SMK untuk bekerja di PLN, dari 300 orang yang mendaftar hanya 15 orang yang berhasil dijaring, hal tersebut dikarena Grad para pelamar tidak tercapai. Akbar Ali berharap dengan kegiatan ini para siswa nantinya bisa memenuhi grad yang diharapkan.
Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama empat belas hari dari tanggal 23 September samapai 6 Oktober 2012 bertempat di Unit Pendidikan dan Pelatihan (UDIKLAT) PT. PLN (Persero) Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang guru perwakilan dari SMK yang dikabupaten/kota diwilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk kabupaten Lombok Timur diwakili oleh 5 orang guru yag berasal dari SMK Negeri 1 Pringgabaya, SMK Negeri 1 Selong dan SMK Negeri 3 Selong, Masing-masing sekolah mengirim dua orang guru yang memiliki komptensi kelistrikan dan kompetensi mesin.
Selama kegiatan tersebut para peserta dibekali dengan materi mengenai kelistrikan yang dipandu oleh para instruktur yang sudah berpengalaman dibidang kelistrikan. Muhamad Natsir salah satu guru perwakilan SMK Negeri 1 Kempo Menjelaskan, para  peserta dibekali teori dan  praktik dilapangan mengenai kelistrikan, sehingga para peserta diklat merasa puas karena kami mendapat tambahan ilmu guna disampaikan kembali ke para peserta didik nantinya. Peserta diklat juga diajak melakukan studi tour guna meninjau lokasi pembangkit listrik tenaga air PLTA Selorejo yang berada di Kabupaten Malang Jawa Timur.
Setelah hampir 14 hari mengikuti diklat hari Jumat (5/10/2012) kegiatan diklat ini ditutup secara resmi di aula pertemuan Udiklat PT.PLN Pandaan, Pada kesempatan tersebut Kusdianto selaku Manager Udiklat Pandaan menyampaikan terima kasih kepada semua peserta yang telah sungguh-sungguh melaksanakan kegiatan diklat ini, beliaupun berharap dengan adanya kegiatan ini merupakan Starting yang baik guna malakukan kerjasama SMK dengan pihak PLN baik dari segi peralatan dan pengetahuan yang akan bermanfaat kepada para siswa didik. Pada kesempatan itu pula dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada pesrta diklat yang langsung disampaikan oleh Manager Bidang SDM Wilayah NTB.
Keesokan hari, Sabtu (06/10/2012) Para peserta meninggalkan Udiklat PT. PLN Pandaan menuju Bandar udara Juanda Surabaya. Para peserta kembali ke unit masing-masing guna melanjutkan tugas sebagai pendidik. Semoga kegiatan ini bermanfaat guna meningkatkan kompetensi anak bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar