Rabu, 07 Agustus 2013

Pemerintah Putuskan Idhul Fitri 1434 H Hari Kamis, 8 Agustus 2013


Sebagai acuan umat muslim melaksanakan Idul Fitri 1434 H, Hari ini Kementrian Agama Republik Indonesia mengadakan sidang Isbat yang lakukan secara terbuka dan disaksikan oleh seluruh kaum muslimin melalui media televisi pemerintah dan swasta.

Sidang yang dipimpin oleh menteri Agama Suryadharma Ali, mengawali pembukaan sidang isbat, Menag  menegaskan bahwa proses sidang ini harap dipercepat untuk menghormati saudara-saudara kita yang ada diwilayah timur dengan terpaut dua jam dengan wilayah indonesia bagian barat.

Setelah dibuka sidang Isbat, Menag Surya dharma Ali mempersilahkan DR. Muhtar Ali, MHum, Direktur Bimas Islam melaporkan hasil pantauan dari berbagai titik diseluruh Indonesia, antara lain, Fak-Fak Papua Barat, Makasar Sulawesi Selatan, Bukit Condro Gresik Jawa Timur, serta Pantai Alam Indah Tengah Jawa Tengah.


Setelah melakukan pengamatan Hilal sejak pukul 16.51 tadi hingga matahari terbenam, keempat titik semua melihat Hilal dengan ketinggian 2 derajat sampai 3,87 derajat, itu artinya syarat yang ditetapkan pemerintah yaitu ketinggian 2 derajat sudah memenuhi syarat ditetapkannya 1 Syawal jatuh pada hari kamis, 8 Agustus 2013.

Sebelum Menteri Agama memutuskan 1 Syawal 1434 H, sempat ada intrupsi dari KH Syarif pengurus ormas Persis Cakung, meminta Menteri Agama untuk meluruskan perihal adanya SMS yang beredar menyatakan bahwa pada proses sidang isbat ada permainan uang. Menyikapi pernyataan tersebut menteri agama menyatakan bahwa semua itu fitnah.

Disamping itu Suryadharma Ali pula menambahkan sesuai dengan laporan dari berbagai ormas semenjak siang tadi bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013, bertepatan dengan 1 Syawal 1434 H, itu artinya selaku menteri Agama Republik Indonesia memutuskan bahwa Ramadhan pada tahun ini berakhir pada hari ini Rabu 7 Agustus 2013 bertepatan dengan 29 Ramadhan 1434 H serta memutuskan bahwa Idul Fitri 1 Syawal jatuh pada esok hari, Rabu, 8 Agustus 2013.

Dipenghujung sidang Isbat tersebut Menteri Agana RI memimpin para peserta sidang yang hadir membaca Takbir yang menandakan umat islam besok akan berlebaran.  Fais-KM.GPK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar