Minggu, 19 Mei 2013

PLENO PPK PRINGGABAYA, PASANGAN TGB-AMIN DAN SUFI UNGGUL PEROLEHAN SUARA


Jumat, 17 Mei 2013, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pringgabaya menggelar Rapat Pleno Rekap Penghitungan Perolehan suara Pemilukada Bupati/Wakil Lombok Timur serta Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat. Setelah dilakukan pemilihan yang dilakukan di di TPS masing masing Senin, 13 Mei 2013 yang lalu. Rekap penghitungan suara tersebut dilaksnakan diaula kantor camat Pringgabaya, yang dihadiri oleh semua Ketua PPS yang ada dikecamatan Pringgabaya, Panwaslu kecamatan
Pringgabaya, Muspida, Kepolisian, serta Para saksi dari calon Bupati dan Gubernur.

KPU kabupaten Lombok Timur mengagendakan Pleno ditingkat kecamatan tanggal 17 dan 18 Mei 2013, sementara ditingkat PPS pleno dilaksanakan paling telat 3 hari setelah hari pencoblosan. PPS yang ada dikecamatan Pringgabaya melaksanakan pleno tidak serentak sehingga PPK Pringgabaya harus menunggu semua PPS melaksanakan pleno yang selanjutnya, hasil pleno di PPS diserahkan di PPK untuk diplenokan ditingkat kecamatan.

Dari total 15 desa yang ada dikecamatan Pringgabaya untuk ke empat calon Gubernur, TGB-Amin memperoleh suara 25.834 (54,6%), Zul-Ichsan 13.566(26,7%), Harum 5.142 (10,9%)serta pasangan SJP-Johan 2.777 (5,9% )suara. Hampir disemua desa TGB unggul perolehan suara dari ketiga pasangan yang lain, hanya didesa Batuyang dan Pohgading Zul-Ichsan unggul dengan selisih masing-masing 32 dan 2.385 suara dengan pasangan TGB, karena dikedua desa tersebut merupakan basis masa dari pasangan Zul-Ichsan.

Sementara perolehan suara untuk pemilihan Bupati/wakil Buapati Lombok Timur, Pasangan Sukiman-Lutfi (Sufi) 20.030 (42,1%) suara, Ali BD-Warisin (Alkhaer) 17.884 (37,6%) suara, Wahab-Lale (Waly) 6.684 (14,1%) suara dan Fauzi-Ihwan (Mapan) 2.937 (6,2%) suara. Pasangan nomor urut 1 Alkhaer dan nomor urut 3 Sufi bersaing ketat memperoleh suara, dari 15 desa Sufi unggul disebelas desa, antara lain, Aptaik, Tanak Gadang, Telaga Waru, Teko, Anggareksa, Kerumut, Pringgabaya, Pringgabaya utara, Seruni Mumbul, dan Gunung Malang, untuk pasangan 1 Alkhaer unggul di empat desa antara lain Pohgading Timur, Pohghading, Batuyang dan labuan lombok, sedangkan untuk pasangan 2 Waly hanya unggul didesa Bagek Papan dengan perolehan hampir 90% suara.

Total perhitungan keseluruhan untuk kecamatan Pringgabaya Pasangan calon Bupati nomor urut 1 Alkhaer dan nomor urut 3 Sufi memperoleh suara yang hampir ketat perolehannya dengan keunggulan pasangan Sufi dengan selisih 2.146 suara. Jika dilihat dari jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 50.804 pemilih suara yang sah sebanyak 47.535 suara dengan persentase 93,6% ini mengindikasikan bahwa pemilih yang menggunakan hak pilihnya sudah paham yan mengerti proses melakukan pencoblosan han tersebut disampaikan ketua PPK Pringgabaya, Judan Putra Baya, SH. Judan Juga menambahkan bahwa dari jumlah DPT Pringgabaya sebanyak 71.655 pemilih, yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 50.804 pemilih dengan persentase sebesar 71%.

Semoga hasil Pilkada yang sudah menghabiskan anggaran yang sangat besar ini menghasiklan pemimpin yang lebih mementingkan kepentingan konstituen dari pada kepentingan pribadi dan golongan, siapapun yang naik menjadi Gubernur dan Bupati harus didukung dan dikawal program-programnya guna mensejahterakan seluruh masyarakan Lombok Timur pada khususnya dan Nusa tenggara Barat pada Umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar