Kamis, 12 September 2013

KPU Lotim Tetapkan DPT Pileg 2014


Kamis, (12/09) Komisi Pemulihan Umum kabupaten Lombok Timur menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap Pemilihan umum anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014. Rapat Pleno terbuka dilaksanakan diaula KPU Lombok Timur. Pada rapat tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU, semua perwakilan Partai Politik, Unsur TNI, Kejaksanaan, Dinas Kependudukan dan catatan sipil (DUCAPIL), PPK se kabupaten Lombok Timur, serta Panwaslu kabupaten Lombok Timur.

Mengawali pembukaan rapat pleno terbuka tersebut, Khairil Anwar, ketua KPU Lombok Timur sekaligus yang memimpin rapat tersebut menyampaikan beberapa hal terkait peraturan KPU pusat antara lain, Alat praga Kampanye (APK) yang tidak boleh dipasang dipohon-pohon yang ada dipinggir jalan serta ditaman-taman.


Zona pemasangan Spanduk, Bendera serta umbul-umbul mulai 27 september sudah dilakukan pembersihan, sementara untuk baliho Caleg tidak diperbolehkan untuk dipasang, yang boleh hanya bendera parpol serta baleho yang jumlahnya hanya satu untuk tiap desa.

Pada rapat pleno tersebut masing-masing PPK membacakan hasil rekap DPT per kecamatan yang sudah diplenokan ditingkat kecamatan. Dari total jumlah pemilih yang ada di 20 kecamatan, 254 desa serta 3077 TPS, jumlah wajib pemilih laki-laki sebanyak 392.449 pemilih, pemilih wajib perempuan sebanyak 437.913 pemilih, dengan total pemilih laki-laki dan perempuan berjumlah 830.362 pemilih.

Dari hasil rekap tiap PPK, kecamatan Sembalum miliki pemilih pali sedikit dengan perincian pemilih laki-laki 6.534, semetara perempuan 7.177, total 13.711 pemilih, Sedangkan Kecamatan Masbagik merupakan pemilih terbesar dengan rincian pemilih laki-laki 34.571, perempuan 36.417, total 70.988 pemilih.

Dari data hasil rekap DPT tersebut terjadi pengurangan jumlah pemilih pada saat penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dengan selisih sekitar 7 ribu pemilih. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pemilih yang terdaftar masih berada diluar negeri sebagi TKI dan TKW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar