Senin, 25 Maret 2013

Perjalanan Crew KM-GPK Ke Lokasi Bimtek Jerowaru


Pagi ini Senin (25/03) sudah berkemas-kemas guna meluncur kesuatu tempat yang lumayan jauhnya dari markas kampung media gerbang patuh karya. Dengan persiapan yang sudah mateng tepat pukul 07.15, kami pun melaju dengan kendaraan roda dua, selama perjalanan kami selalu berkomunikasi dengan salah satu kru KM. gerbang patuh karya yang lain. Teguh Ardi Putra, S.Pd sudah menunggu semenjak 15 menit yang lalu karena sebelumnya sudah janjian untuk berangkat bareng kelokasi yang masih belum ada gambaran,situasinya seperti apa..?, jalannya bagus atau rusak dan banyak lagi pertanyaan yang belum bisa terjawab.

Sesampai didesa Pohgading, tepat didepan studio foto muncullah suatu sosok yang sudah tidak asing lagi, sekarang saya tidak lagi sendiri untuk menyusuri jalan yang lumayang mulus,
kami melaju dijalanan jurusan Korleko-Labuan Haji yang jarak tempuhnya kurang lebih 17 km. Dispido motor biru kami menunjukkan bahan bakarnya sudah mendekati E, kami singgah di SPBU Labuhan Haji untuk mengisi bahan bakar, setelah itu kami melanjutkan perjalanan. Perjalanan tanpak beda karena jalur yang kami lalui agak sepi sehingga kami bisa mengendarai kendaraan kami dengan kencang.

Pemandangan yang hijau masih bisa kami lihat disepanjang jalan yang kami lalui, sebab dimusim kemarau nantinya pemandangan disepanjang jalan tersebut akan tampak kering kerontang dengan tekstur tanahnya yang terbelah-belah minta diturunkan hujan. Pukul 08.30 kami pun sampai di desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak kabupaten Lombok Timur, tidak lupa kami memeriksa kilometer motor yang kami kendarain, ternyata kendaraan yang kami kendaraan sudah hmenempuh perjalanan sejauh 45 Km.

Filling kami lokasi yang akan kami tuju sudah dekat, merasa khawatir kesesat, kami berinisiatif menelpon salah seorang rekan yang akan kami tuju, Pak Amin membalas salam kami via telpon sambil beliau menanyakan dimana posisi sekarang, kami menjelaskan posisi kami saat itu, dengan suara yang ramah beliau berkata bahwa lokasinya sudah dekat, sambil menjelaskan rute  selanjutnya yang akan kami lalui. Kamipun sampai dipertigaan Keruak, jalur lurus yang kami ikuti, sebab jika kami ambil jalur kekanan kami akan balik ke kota selong. Kurang dari satu kilometer dari pertigaan tadi kami kembali menemukan pertigaan, sesuai dengan arahan pak Amin kami harus belok kiri, sebab kalau lurus bukannya sampai dilokasi tujuan tetapi akan nyasar ke kota Praya, Lombok Tengah.

Kali ini perjalanan terasa beda, sebab jalan yang kami lalui banyak lubang-lubang tidak seperti jalan sebelumnya yang mulus dan agak lebar. Untuk memastikan lokasinya kamipun menelpon kembali, Informasinya lokasi sudah sangat dekat, jika ketemu masjid didekat kantor dengan Jerowaru disekitar sana ada perempatan, ambil kiri, nah itu dah lokasinya, Itu ucapan yang keluar dari pak Amin, supaya tidak kesesat pak Amin pun menunggu kami dipinggir jalan, dari kejauhan kami melihat kendaraan metic warna merah, kami merasa lega dan tidak khawatir kesesat setelah bertemu dengan sang penunjuk jalan.

Akhirnya kami diajak untuk memasuki areal pondok pesantren tempat lokasi Bimbingan Teknis yang diselenggarakan oleh Kampung Media Lombok Timur yang difasilitasi oleh Kampung Media Provinsi, Dishubkominfo Lombok Timur, serta Telkomsel. Sesampai dilokasi kami beristirahat sejenak guna mengendorkan urat-urat  yang sudah kaku selama perjalanan. Hampir  jam 10 acara dimulai, diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Bapak Amin, S.Pd selaku ketua Kampung Media Krens sekaligus ketua Panitia Bintek Internet sehat dan Safety Radding. Sebagai tuan rumah Kepala sekolah yang mewakili Yayasan Darul Al-Yatama Jerowaru memberikan sambutannya sekaligus mengucapkan selamat datang kepada para tamu yang hadir pada acara tersebut. Pada kesempatan itu pula Kepala Bidang Media Dishubkominfi Kabupaten Lombok timur memberikan sambutanya kepada peserta, Beliau berpesan bahwa siapa yang menguasai teknologi informasi, maka sama artinya dunia sudah dalam genggamannnya, sebab semua informasi sudah bias kita akses melalui media internet imbuhnya.

Sebagai mitra kampung media semenjak tahun 2008, perusaaan provider seluler, Telkomsel yang diwakili oleh Wiboko, memberikan pemaparan mengenai informasi dan teknologi, dengan gaya penyampaian yang komunikatif dan interaktif,  para peserta merasa betah untuk mendengarkan materi yang disampaikan. Sesekali waktu  pria berkacamata tersebut memberikan game-game agar kegiatan menjadi berkembang, Para peserta yang berjumlah 223 orang menjadi bersemangat mengikuti kegiatan Bintek tersebut.

Diakhir kegiatan Bintek tersebut Bapak Fairuz selaku pengelola kampung media yang bernaung di Dinas Kominfo Provinsi Nusa tenggara barat, pak Fairuz pada pemaparannya memberikan motivasi kepada para peserta untuk membudayakan budaya bertutur menjadi budaya menulis, dengan gaya penyampaian yang sedikit lucu dan penuh humor para peserta semakin betah mendengarkan ceraham dari Abu Macel, walaupun waktu sudah mendekati jam 12 siang. Berhubung kegiatan  sama  juga akan dilaksanakan di kabuapten Lombok Tengah, rombongan pun meninggalkan lokasi. (Fais KM-GPK) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar