Rabu, 06 Maret 2013

Warga Dusun Gegurun, Buka Jalan Baru


Kini warga dusun Gegurun desa Pohgading Timur, kecamatan Pringgabaya merasa senang, pasalnya jalan yang menghubungkan dusun Gegurun dengan jalan utama yang akan menghubungkanya dengan desa tetangga cukup dekat. Jika sebelumnya warga dusun Gegurun  harus menempuh kurang lebih 3 Km untuk bisa mengakses jalan utama, tapi dengan adanya jalan baru tersebut warga hanya menempuh kurang dari 500 meter.


Jalan baru tersebut membelah lahan persawahan warga yang ada disekitar dusun Gegurun. Lahan yang dijadikan jalan baru  tersebut merupakan tanah warga yang disumbangkan secara swadaya oleh masyarakat yang lahannya persawahannya kena dengan pembuatan jalan baru tersebut. Para warga tidak keberatan tanahnya diambil untuk membuka jalan tersebut guna kepentingan umum.

Setiap warga menyumbangkan tanahnya 2 meter untuk pembuatan jalan baru dengan panjang kurang lebih 500 meter, dengan lebar jalan sekitar 4 meter, sehingga jalan tersebut bisa dilalui oleh kendaraan besar untuk mengangkut hasil pertanian warga berupa gabah, tembakau dan hasil palawija lainnya, bahkan tidak jarang jalan tersebut digunakan untuk mengangkut hasil perkebunan berupa kelapa dan pisang.

Bapak Sumawang, S.Pd. Salah satu tokoh masyarakat menuturkan, jalan tersebut merupakan swadaya masyarakat dusun Gegurun. Tanah yang digunakan sumbangan dari warga, pembukaan jalan baru tersebut dilakukan secara gotong royong oleh semua warga dusun Gegurun, semuanya murni swadaya masyarakat. Bapak Sumawang, S.Pd menambahkan dengan adanya jalan baru tersebut harga jual tanah yang melintasi jalan baru meningkat. Sebelumnya harga tanah kisarannya 5 juta per are, tapi dengan adanya jalan baru tersebut harganya meningkat hingga dua kali lipat.

Mewakili warga dusun Gegurun Bapak Sumawang, S.Pd merasa senang dan bangga dengan pengorbanan warga guna kepentingan umum, beliau berharap kepada pemerintah khususnya dinas terkait untuk membantu warga guna melakukan pengaspalan jalan tersebut. Sehingga jalan tersebut nyaman dilalui oleh semua warga, apa lagi dimusim hujan seperti sekarang ini, jalannya becek dengan air kubangan yang bisa mengakibatkan pengguna jalan tidak nyama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar