Minggu, 17 Maret 2013

PNPM Kecamatan Pringgabaya Latih Kader Teknik Desa


Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) mengadakan pelatihan Kader Teknik, bertempat diaula kantor camat Pringgabaya. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, kamis (14/03) sampai dengan  sabtu (16/03). Pelatiham kader teknik ini diikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan perwakilan dari 15 desa yang ada dikecamatan Pringgabaya, dimana masing-masing desa mengirim 2 orang kader teknik.

Kegiatan pelatihan ini merupakan serangkaian  dari  program PNPM-MPd guna memberikan pengetahuan dibidang keteknikan kepada para kader yang ada dimasing-masing desa. Para kader teknik ini bertugas
mengawas segala pembangunan yang bersifat fisik yang ada dimasing-masing desa, sehingga pembangunan yang pendanaannya bersumber dari dana pusat melalui program PNPM-MPd bisa terarah dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, hal tersebut disampaikan fasilitator Teknik kecamatan Pringgabaya, Fathurrahman, ST dihadapan peserta pelatihan.

Ditempat terpisah Judan Purta Baya, SH selaku ketua Forum Badan Komunikasi Antar Desa (BKAD) kecamatan Pringgabaya menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan teknik ini diawali dengan beberapa tahapan yang sudah dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknik dari program PNPM-MPd. Kegiatan pelatihan ini dihajatkan untuk program PNPM-MPd tahun anggaran 2014 dengan program-program yang sudah disusun oleh masing-masing desa melalui badan Musyawah Desa (MD) guna menentukan program perioritas.

Anggaran pusat yang dikelola PNPM-MPd  bukan saja diprioritaskan untuk menbangunan fisik saja, 25 persen dari anggaran tiap kecamatan dialokasikan  untuk  program SPP (Simpan Pinjam Perempuan). Progrma ini sesuai dengan namanya untuk memberikan bantuan kepada kelompok usaha perempuan yang ada diwilayah kecamatan Pringgabaya.  Kelompok usaha perempuan harus mempunyai beberapa anggota dengan jenis usaha yang bisa meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Masing-masing kelompok yang mengajukan pinjaman harus dilakukan verifikasi terhadap keberadaan kelompok usaha dan jenis usaha yang dilakukan sebagai syarat mendapatkan pinjaman tersebut.

Besarnya pinjaman berkisar 1 juta sampai 3 juta untuk masing-masing anggota dengan bunga yang sangat rendah. Semoga program-program pemerintah melalui PNPM Mandiri Pedesaan ini bisa langsung dinikmat langsungi oleh masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan seluruh warga, Amin (Fais-KMGPK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar