Rabu, 13 Maret 2013

Siswa SMKN 1 Pringgabaya Laksanakan PRAKERIND


Mengaju pada keputusan Menteri Pendidkan dan Kebudayaan RI. No 080/U/1993 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Kejuaruan, setiap siswa siswi yang melaksanakan pendidikan didunia SMK wajib melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerind).

Pelaksanaan Prakerind dilakukan hanya satu kali selama menyenyam pendidikan dibangku SMK, program ini dilaksanakan oleh siswa kelas XI semester Genap. Khusus di SMK negeri 1 Pringgabaya Pelaksanaan Prakerind dilakukan dengan 2 periode yaitu periode Desember-Maret dan Periode Maret-Mei,
mengingat jumlah dunia usaha/ dunia industri yang tidak memadai untuk menampung para siswa yang akan melaksnakan praktik.

Periode Desember – Maret para siswa akan mengakhiri kegiatan praktiknya setelah menjalankannnya selama 3 bulan, dan tepat ditanggal 15 maret mereka akan ditarik dari tempat praktik untuk kembali aktif disekolah. Sementara untuk periode kedua akan diberangkatkan pada hari sabtu, (16/03).  Sebelum Prakerind para siswa dibekali dengan materi tentang dunia kerja yang disampaikan oleh para guru, sehingga para siswa tidak kaget dengan situasi ditempat mereka praktik nantinya.

Selama dua hari, rabu dan kamis akan dilaksanakan pembekalan yang diikuti oleh seluruh peserta yang berjumlah 228 orang, terdiri dari tujuh rombongan belajar (Rombel) dengan 6 kompetensi keahlian anatara lain Teknik Audio Video, Teknik Komputer dan jaringan, Multimedia, Animasi, Teknik Pemesianan dan Teknik Sepeda Motor. Para siswa akan praktik didunia usaha dan dunia industry yang sesuai dengan kompetensi keahlian,  menyebar diberbagai wilayah, antara lain, masbagik, selong, pancor, mataram, Lombok Barat, bahkan Sumbawa.

Menurut keterangan ketua pelaksana prakerind Bapak Drs. Lalu Muhasir sekaligus wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat pada saat laporan kegiatan Prakerind dalam acara pembukaan Bimbingan Teknis dihadapan para siswa yang mengikuti Prakerind. Pada kesempatan tersebut Mamiq Acing panggilan akrabnya disekolah menjelaskan bahwa pelaksanaan pada periode ini merupakan pelaksanaan prakerind dengan jumlah peserta terbanyak. Peserta Prakerind dibagi menjadi 3 wilayah yaitu wilayah Lombok Timur terdiri dari 30 kelompok, Mataram dan Lombok Barat 19 kelompok serta satu kelompok lainnya melakukan prakerind dipulau Sumbawa tepatnya di perusahaan tambang  PT.Newmont nusa tenggara imbuhnya.

Pada kesempatan itu pula Kepala SMK Negeri 1 Pringgabaya, Bapak Drs Sukmanul Hakim dalam sambutannya menghimbau kepada para siswa yang akan mengikuti prakerind senantiasa mematuhi aturan dan tata tertib yang ada diperusahaan tempat siswa-siswi melaksanakan Prakerind. Disamping itu para siswa hendaknya selalu menanamkan visi SMK negeri 1 Pringgabaya yang Tampil Prima, Terampil, Mandiri, Inovatif serta religius guna menghasilkan output yang tidak saja terampil  dari segi keahlian tapi harus dibarengi dengan inovasi guna pengembangan dari ilmu yang diperoleh. Diakhir sambutannya Kepala sekolah berpesan untuk selalu menjaga nama baik sekolah, serta mempertebal iman dan takwa kita kepada Allah, SWT guna menangkal segala godaan yang akan dihadapi selama berada lokasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar