Kamis, 28 Maret 2013

PPK Pringgabaya Plenokan 72.082 DPT PEMILUKADA


Kamis (28/03), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pringgabaya menggelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan Bupati/Wakil Buapati Lombok Timur dan Gubernur/Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat periode 2013-2018. Rapat Pleno Penetapan DPT bertempat diaula kantor camat Pringgabaya, dihadiri oleh semua tim sukses dari calon bupati dan gubernur yang akan bertarung pada 13 mei mendatang. Selain Tim sukses Rapat Pleno juga dihadiri oleh Panwaslu kecamatan Pringgabaya,
semua ketua PPS sekecamatan Pringgabaya, serta dari pihak kepolisian.

Ketua PPK Pringgabaya Judan Putra Baya, SH saat memimpin rapat pleno tersebut menjelaskan bahwa data yang akan diplenokan hari ini merupakan tahapan Pilkada sebagai acuan untuk menentukan jumlah pemilih. Data DPT bersumber dari data DPS perbaikan ditambah dengan Data tambahan pemilih. DPT tersebut sebelumnya sudah diplenokan dimasing-masing desa yang dilaksanakan oleh PPS. Dari dari rekap keseluruhan dari semua desa yang ada dikecamatan Pringgabaya, jumlah DPT sebanyak 72.082 pemilih, dengan rincian laki-laki 34.464 pemilih sementara pemilih perempuan berjumlah 37.618, menyebar di 15 desa dengan jumlah TPS sebanyak 164 lokasi.

Menyikapi rekapitulasi DPT, tim sukses HARUM Muh. Zaenuddin Khair mempertanyakan jumlah pemilih tambahan yang berjumlah 5.518 pemilih, pimpinan rapat sekaligus ketua PPK, Judan Putra Baya, SH menanggapi pertanyaan tersebut, tingginya jumlah pemilih tambahan disebabkan 2 faktor yaitu karena adanya beberapa desa yang mengalami pemekaran, berdampak pada perubahan data yang sangat signifikan terhadap desa induk, sementara factor kedua disebabkan karena meningkatnyaperkawinan usia dini. Undang-undang pemilu memberikan hak memilih untuk warga Negara yang sudah atau pernah menikah walaupun usianya dibawah 17 tahun imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua Panwaslu, Zulkarnaen menghimbau kepada semua penyelenggara pemilu dan tim sukses untuk sama-sama mengawal proses pesta demokrasi tersebut dengan mengedepankan asas langsung umum bebas dan rahasia serta jujur dan adil. Dipenghujung acara tersebut kepolisian sektro Pringgabaya mengajak kita semua untuk menjaga ketertiban umum menjelang pelaksanaan Pilkada, hal tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama.

Daftar Pemilih Tetap yang sudah diplenokan ditingkat kecamatan selanjutnya akan dibuat berita acaranya guna dipertanggungjawabkan pada rapat pleno di KPU kabupaten Lombok Timur yang akan dilaksakankan hari ini (29/03). (Fais-KMGPK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar