Jumat, 28 Juni 2013

Serabi Buatan Inaq Sudirman


Serabi merupakan Salah Satu jenis jajanan yang tidak asing kita dengar, bahkan semua kita sudah mencicipinya. Serabi terbuat dari bahan baku tepung beras, yang dicampur dengan air santan. Adonan ini selanjutnya dipanggang dicetakan yang terbuat dari tanah liat, sehingga rasanya khas dan guruh.

Jajanan Serabi ini ada dua jenis, pertama serabi yang menggunakan cairan gula merah yang ditaburi dengan parutan kelapa sementara jenis yang kedua serabi yang hanya terbuat dari adonan tepung beras,
yang dicampung dengan airsantan pada saat memanggangnya, serabi jenis ini biasa disebut serabi laklak.

Inaq Sudirman, 55 Tahun, warga Kampung Sandubaya Timur, kesehariannya menggeluti usaha berjualan Serabi, Inaq Sudirman setiap harinya berjualan dipinggir jalan jurusan yang menuju pelabuhan kayangan, sehingga pembelinya tidak saja dari warga sekitar, seperti pantauan kami saat membeli serabi. Ada beberapa mobil trevel yang berhenti untuk memesan serabi buatan Inaq Sudirman.
Acit, 31 tahun sopir Travel menceritakan ke awak media KM Gerbang Patuh Karya, serabi yang dibeli ini adalah pesanan pegawai newmont yang akan menggunakan jasa travelnya yang sebentar lagi akan berlabuh didermaga Newmont, yang akan dijadikan oleh-oleh untuk keluarga mereka yang ada di Mataram.

Menurut Inaq Sudirman, serabi yang dijualnya laku keras sehingga perempuan paruh baya ini kewalahan melayani pembeli, dalam seharinya Inaq Sudir memperoleh omsez 250 ribu sampai 400 ribu, dengan hanya bermodal seadanya tapi bisa menghasilkan keuntungan besar. Hanya dengan menyiapkan tepung beras 5 Kg, buah kelapa 5 butir serta kayu bakar secukupnya.

Inaq Sudirman sangat bersyukur dengan usaha berjualan serabi setiap harinya, amapu membiayai kebutuhan keluarga, bahkan dengan hasil berjualannya Inaq Sudirman mampu menyekolahkan putra-putrinya. Bukan itu saja Inaq Sudirman berhasil membuat rumah untuk berlindung anggota keluarga.

1 komentar:

  1. Wah jadi kegen makan serabi laklak buatan ink sudirman hehe....

    BalasHapus