Rabu, 17 Juli 2013

DPS Pileg Pringgabaya 70.800 Pemilih


Sesuai dengan tahapan pelaksanaan pemilihan umum, untuk memilih anggota dewan perwakilan rakyat (DPR) pusat, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPR Provinsin dan DPR Kabupaten/kota, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pringgabaya Menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dilaksanakan, sabtu 13 Juli 2013. Sebelumnya DPS tersebut sudah diplenokan ditingkat desa pada tanggal 10 Juli 2013.

Pleno terbuka tersebut dihadiri oleh semua anggota PPS dari 15 desa yang ada dikecamatan Pringgabaya, Pengurus dari 12
partai politik yang akan bertarung dipesta demokrasi 7 April 2014 mendatang, serta dari Panitia Pengawas kecamatan dan kepolisian. Walaupun pelaksanaan rapat pleno pada malam hari setelah sholat tarawih, para peserta sangat antusias untuk ikut menyaksikan rapat pleno tersebut, terbukti semua perwakilan partai yang hadir.

Dari 15 desa yang ada dikecamatan Pringgabaya tersebar 250 TPS, dengan jumlah pemilih masing-masing TPS rata-rata 300 pemilih, hal tersebut sangat perbeda dengan pemilihan kepala daerah ang lalu, dimana masing-masing TPS jumlah pemilihnya 500-600 pemilih, sehingga pada pemilihan DPR terjadi penambahan jumlah TPS ang sebelumnya berjumlah 165 pada pelaksanaan Pilkada Bupati dan Gubernur.

Data pemilih sementara (DPS) bersumber dari data kependudukan pusat yang dipadukan dengan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada, data kependudukan tersebut dimutahirkan oleh petugas Pantarlih dengan perbasiskan kepala keluarga, sehingga data pemilih yang masuk menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPT) benar-benar riil keberadaannya disuatu lingkungan.

Dari hasil pleno yang dilaksanakan total pemilih sementara dikecamatan Pringgabaya sebanyak 70.800 Pemilih dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 34.210 sementara pemilih perempuanna berjumlah 36.590. Desa Pringgabaya merupakan desa ang paling banyak jumlah pemilihnya sebanyak 10.651 pemilih yang tersebar di 37 TPS, sementara untuk desa yang memiliki pemilih paling sedikit adalah desa Tanak Gadang dengan jumlah pemilih 1.382 yang menyebar di 5 TPS.

Pada kesempatan tersebut Ustaz Taufiqurrahman, S.Ag selaku ketua Partai Hanura kecamatan Pringgabaya, mengapresiasikan hasil kerja dari penyelenggara pemilihan umum kali ini, mulai dari proses pemutahiran sampai dengan penetapan DPS, beliau juga berharap agar DPS ini sama kita awal agar pada pelaksanaannya nanti tidak ada pihak-pihak yang dirugikan.

Dipenghujung Rapat Pleno penetapan DPS tersebut PPK menyerahan soft copy PDF salinan data pemilih Sementara ke masing-masing partai politik serta Panwas kecamatan yang dituangkan dalam berita acara penyerahan yang ditandatangani oleh semua partai politik. Selanjutnya DPS tersebut akan ditempat pada masing-masing TPS guna dipublikasikan kemasyarakat umum mulai dati tanggal 11 sampai dengan 24 Juli 2013, untuk memastikan sudah terdaftar sebagi pemilih atau belum. Fais-KM.GPK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar