Rabu, 31 Juli 2013

Gegodoh Lepak Menu Berbuka Puasa



Makanan yang satu ini tergolong makanan tradisional yang mulai langka kita temukan. Adalah Gegodoh Lepak, sesuai dengan namanya, gegodoh artinya, pisang yang dilamuri dengan adonan tepung, sedangkan lepak artinya rebus, sehingga kalau diartikan pisang yang dilumuri dengan adonan tepung yang direbus dengan menggunaklan air yang mendidih.

Cara membuatnya sangat gampang, siapkan tepung beras, pisang, gula merah dan kepala. Pertama-tama tepung dicampur dengan air secukupnya sampai menjadi adonan, jangan lupa diberi garam secukupnya untuk menambah rasa pada adonan tersebut.

Setelah adonan jadi, Siapkan pisang, dan dipotong-potong ukuran 1 cm, masukkan potongan pisang tersebut kedalam adonan, selanjutnya pisang yang dilumuri tepung dimasukkan ke dalam air yang sedang mendidih, tunggu beberapa saat sampai tepung yang menempel dipisang mengeras. Setelah beberapa saat pisang tersebut diangkat lalu ditiriskan sampai dingin.


Sambil menunggu rebusan pisang matang, siapkan gula merah yang masih berbentuk untuk dimasak sampai mencair dan akhirnya mengental, langkah selanjutnya kelapa diparut sebagai campuran gula merah.

Langkah Selanjutnya yaitu proses plating,  campuran pisang tadi diatur dipiring, sampai penuh, kemudian dipermukaannya ditaburi parutan kelapa sampai merata, selanjutnya langkat terakhir cairan gula merah dilumeri dengan gula merah.

Gampang buka,..? jika penasaran dengan gurihnya gegodoh lepak ini, anda bisa coba resep makanan ini, yang cocok disajikan untuk menemani kita diasaan berbuka puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar