Rabu, 12 September 2012

GOA BIAWAK, ANDIL WARGA DAN PENGUSAHA


Lombok merupakan tempat yang bisa dibilang surga bagi para wisatawan baik local maupun mancanwgara. Tempat wisatanya masih alami dengan keindahan yang memukau, hal tersebut belum banyak diekspose oleh media serta pemerintah dalam hal ini instansi yang terkait. Peran pengusaha dan warga sebagai pemodal sangat diharapkan guna mengekploitasi tempat-tempat wisata yang merupakan asset daerah kita.

Adalah Forum Pariwisata Kampung Padang Mandiri Desa Wisata Labuan Lombok, bekerja sama dengan beberapa penggagas dalam dal ini pengusaha Perama Center yang bergerak dalam bidang pariwisata dan CV. Baura yang bergerak dalam bidang usaha perikanan. Kerja sama yang dilakukan antara forum pariwisata kampung padang mandiri dengan kedua perusahaan tersebut untuk mengembangkan dan mengekspoitasi suatu tempat yang sangat layak untuk sulap sebagai tempat wisata.

Goa Biawak merupakan tempat wisata yang ada disekitar pelabuhan kayangan lama yang sekarang dijadikan tempat bongkar muat barang. Sebelumnya tempat ini hanya merupakan bebatuan yang ditumbuhi dengan semak-semak. Tapi sekarang setelah dilakukan ekspoitasi tempat tersebut sangat indah kerena sudah ditata sedemkian rupa. Babatuan yang tidak tertata dan tidak teratur kini dibuat jalan dari campuran semen yang dicor untuk menghubungkan bebatuan tersebut, sehingga para pengunjung bisa melihat keindahan tempat tersebut sampai dibawah dasar bibir pantai.

Sesuai dengan namanya tempat wisata ini banyak dihuni oleh biawak yang ada disela-sela bongkahan bebatuan. Hal tersebut yang memberikan ide dan pemikiran para warga kampung padang mandiri untuk melestarikan tempat tersebut. Pemerintah  dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengapresiasika gagasan dan ide tersebut yag dituangkan dalam Prasasti yang terpampang jelas diareal wisata tersebut.  
Warga dan masyarakat disekitar Goa Biawak menyambut baik dengan keberadaan tempat tersebut,  karena kampung tersebut banyak dikunjungi oleh para warga yang berasal dari luar kampung  secara otomatis warga sekitar menghasilkan pendapatan dari berjualan disekitar areal tersebu. Ery, 21 tahun  yang saat itu lagi menikmati keindahan Goa Biawak menuturkan bahwa tempat ini cukup indah apalagi saat-saat seperti ini sambil menunjuk ke arak matahari yang mau tenggelam di ufuk barat. Ery secara khusus datang dari Aikmel untuk menikmati tempat wisata Goa Biawak.
Kerja sama dari berbagai pihak memang sangat diharapkan untuk membangun daerah kita agar lebih maju dan bisa diandalkan dalam berbagai hal. Tidak terkecuali dengan obyek-obyek wisata yang belum terekspoitasi karena kekurangan pendanaan, ini merupakan contoh yang bisa ditiru untuk kemajuan pariwisata daerah kita lebih-lebih menghadapi Visit Lombok-Sumbawa 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar