Selasa, 11 September 2012

NENEK RUSIAH:SANG PENJAJA ASONGAN


Inilah aktifitas keseharian yag dilakoni oleh Rusiah, 75 Tahun warga Sandubaya Barat, Desa Labuan Lombok, Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.  Inak Rusiah tiap harinya berjualan sebagai pedagang asongan dikapal Very pelabuhan Kayangan-Poto tano saat bongkar muat penumpang.
Aktifitas ini dilakoni sejak  adanya  pelabuhan Kayangan  yang lama. Wanita paruh baya ini  melakuka kerjaannya dengan penuh ihlas dan semangat guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Inaq Rusiah hidup hanya sebatang karang, suami tercinta sudah duluan menghadap yang kuasa, sementara anak-anaknya sudah pada berkeluarga. Wanita yang hijerah dari Peneda gandor, Labuhan Haji  sejak tahun 1973.
Dalam Berjualan asongan Rusiah menjajakan kebutuhan para penumpang kapal yang akan melakukan perjalanan antara lain air mineral, Jajanan Ringan, Buah, serta nasi bungkus. Rusiah menceritakan bahwa barang yang di jajakan rata-rata memperoleh keuntungan Rp. 25.000,- per hari,  jenis jualan yang paling cepat laku air mineral dan nasi bungkus. Dari  berjualan tersebut Rusiah merasa bersyukur bahwa diusianya yang senja ini masih bisa  membiayai kebutuhan hidupnya sendiri tanpa harus membebankan orang lain karena hanya berjualan yang bisa dilakukan mengingat tegananya yang tidak memungkinkan untuk melakukan kerjaan yang membutuhkan tenaga yang ektra.
Semoga pengalaman hidup nenek Rusiah ini menjadi pelajaran berharga bagi kita yang masih memiliki fisik yang prima untuk tetap semangat dalam melakukan aktifitas guna mendapatkan rijeki yang halal untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa harus membebani orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar