Senin, 17 September 2012

SAMSAT KELILING, LAYANI WARGA LABUAN LOMBOK


Hari ini (17/02/2012) desa Labuan Lombok kedatangan tim dari Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat guna melakukan pelayanan terhadap masyarakat guna memperlancar proses pembayaran pajak kendaraan. Pada kesempatan tersebut kunjungan petugas dari DISPENDA tersebut terdiri dari empat petugas yang langsung melayani masyarkat guna melayani proses pembayaran pajak kendaraan.
Ramli, salah satu petugas yang turut dalam rombongan tersebut menjelaskan kegiatan ini bertujuan guna membantu masyarakat untuk pembayaran pajak kendaraan roda dua maupun roda empat yang sudah habis ataupun akan berakhir masa temponya. Pelaksanaan samsat keliling ini juga memberikan kemudahan ke masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu lagi untuk mengantri dikantor samsat kabupaten, hal tersebut disampaikan Umar, 55 tahun  salah satu pengunjung yang hendah membayar pajak untuk kendaraannnya.
Kegiatan ini cukup membantu masyarakat terbukti dengan hanya membawa STNK asli dan Foto kopi pemegang kendaraan, proses pemabyaran pajak sudah langsung bias dilakukan tanpa harus mengantri ataupun melibatkan pihak calo yang biasa kita temukan pada kantor Samsat yang memanfaatkan sekelompok masyarakat yang tidak mau repot mengantri saat pembayaran. Dengan adanya program samsat keliling ini mastarakat tidak lagi mengantri dan waktu yang dipergunakan juga cukup efektif, seperti pengamatan kami dilapangan, satu kendaraan dibutuhkan waktu kurang dari dua menit untuk melakukan proses pembayaran pajak.
Kunjungan petugas Samsat keliling ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan tiap bulannya, untuk desa Labuan Lombok jadual kunjungannya setiap pertengah bulan. Ramli juga menambahkan, Pihak pemerintah dalam hal ini Dispenda tidak memiliki target untuk tiap bulannya, karena proses pembayaran pajak hanya dilakukan  satu kali dalam setahun oleh pemilik kendaraan. Khusus untuk desa Labuan Lombok setiap bulannya mengalami peningkatan jumlah pemilik kendaraan yang membayar pajak pada petugas Samsat keliling yang ada didesa Labuan Lombok.
Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat memiliki kesadaran untuk melaksanakan kewajibannya, guna membantu pemerintah untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak, yang digunakan untuk membangun dan membiayain fasilitas umum guna kepentingan kita juga. Semoga program ini bisa terus dilaksanakan guna membantu masyarakat dalam hal pemabayaran pajak kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar