Kamis, 13 September 2012

PECEL ZUHRO: KULINER ANDALAN LABUAN LOMBOK


Jika dilihat sepintas orang tidak akan menyangka bahwa ditempat tersebut ada penjual pecel yang cukup terkenal didesa Labuan Lombok. Tepatnya dikampung Banjar Timur desa Labuan Lombok kecamatan Pringgabaya. Pecel ini banyak diminati oleh semua kalangan yang rela mengantri untuk mendapatkannya.
Zuhro, 32 tahun menjalini rutinitasnya sebagai penjual pecel hampir 10 tahun dengan tetap memperhatikan cita rasa dan kualitasnya. Yang unik dari pecel Zuhro ini adalah peracikan dan penyajiannya. Dalam peracikannya bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pecel dimasak dulu setiap kali pembeli datang untuk membeli, sehingga kapan pun kita membeli pecel Zuhro akan selalu hangat. Begitu pila dengan bumbu pecelnya, dibikin setiap pembeli datang sehingga bumbunya terasa segar dan guruh.
Dari segi penyajiannya jika dilihat dari kebiasaan pedagang kebanyakan rata-rata menggunakan kemasan yang terbuat kertas, tapi pecel Zuhro penyajiannya menggunakan bahan yag khas dan saat ini lumayan sulit untuk didapati yaitu daun pisang. Karena prosesnya yang cukup panjang dan memakan waktu yang lama untuk memprosesnya pembeli terkesan bosan untuk menunggu, tapi karena sudah ketagihan dengan kelezatan dan enaknya pecel Zuhro, para pembeli rela menunggu hingga berjam-jam untuk sekedar mendapatkan pecel racikan wanita yang masih lajang ini.
Sewaktu melakukan antrian untuk membeli pecel, kami pernah mengusulkan agar bumbu pecelnya dibuat dalam porsi yang banyak dan dibikin sekaligus, tapi Zuhro membalas dengan penuh ramah,  mubajir karena takutnya para pembli sepi,  mending seperti ini saja, kalau memang rizeki yang tidak akan kemana-mana, tambahnya. Dari hasil berjualan pecel, Zuhro memperoleh pendapatan 150 Ribu sampai 250 ribu perhari.
Untuk kegiatan berjualan kehariannya Zuhro melakukannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain, hal itu yang membuat cita rasa dari pecel Zuhro sampai sekarang ini tidak pernah berubah sehingga para pembeli sudah dimanjakan lidahnya dengan pecel buatan Zuhro. Semoga Pecel Zuhro ini menjadi salah satu referensi kuliner masakan lokal yang mesti dicoba cita rasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar