Jumat, 20 Juli 2012

PELAKSANAAN SHOLAT TARAWIH BERJAMAAH


Suara Azan berkumandang dari pengeras suara masjid At-Taqwa Desa Labuan Lombok, itu menandakan masuknya waktu sholat isya. Tidak seperti biasanya dihari-hari lain, kali ini para jemaah dari yang paling muda sampai yang paling tua berbondong-bondong menuju masjid yang kebetulan letaknya sangat strategis tersebut.
Itulah sekilas suasana yang bisa digambarkan menjelang pelaksanaan sholat isya berjamah sekaligus tarawih yang malam ini merupakan malam pertama yang menandakan bahwa esok pagi dimulainya pelaksanaan ibadah puasa. Pelaksanaan sholat isya dan taraweh secara berjamaah dimalam pertama ini diikuti oleh  jamaah yang memadati hampir semua sudut ruangan masjid. Terlihat para jamaah sangat khusu’ melaksanakan ibadah.
Setelah melaksanakan sholat isya berjamaah, merupakan suatu program dari pengurus masjid At-Taqwa Desa Labuan Lombok setiap tahunnya selama bulan suci Ramadhan selalu diadakan ceramah dari para Ustaz serta tokoh masyarakat. Pada kesempatan tersebut Sulaiman, BA yang bertugas memberikan ceramah, mengajak kepada semua jemaah untuk mensyukuri nikmat kesehatan dan hidup sehingga tahun ini kita bisa bertemu kembali dengan bulan yang penuh berkah, magfirah dan pengampunan.
Penceramah juga berpesan kepada semua warga yang ada disekitar masjid untuk menghormati para jamaah yang sedang melaksanakan ibadah guna meningkatkan kekhusu’an, agar tidak membunyikan musik untuk para pedagang VCD dengan keras serta menghimbau  warga agar tidak membunyikan petasan dan sejenisnya. Para jamaah tampak serius mendengarkan penceramah walaupun sesekali terjadi insiden kecil yaitu terjadi pemadaman listrik dilokasi masjid karena daya yang tidak memadai untuk mensuplai penerangan dimasjid.
Sholat sunat tarawih dimalam pertama ini yang bertugas sebagai imam adalah Ustaz Taufiqurrahman, QH, S.Ag. Dari rakaat pertama sampai rakaat terakhir para jemaah sangat khusu’ mulai dari kalangan anak-anak sampai orang tua yang usia lanjut. Semoga suasana ini terus berlangsung selama pelaksanaan ibadah puasa bahkan dampaknya bisa dirasakan sampai berakhirnya ibadah puasa. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar