Senin, 02 Juli 2012

ENAM SISWA SMK LOTIM WAKILI NTB PADA LKS 2012 TINGKAT NASIONAL



Kabupaten Lombok Timur mengirim utusannya untuk mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2012 yang dilaksanakan di Sasana Budaya Ganesa (SABUGA), Institut Teknologi Bandung (ITB) dari tanggal 18 sampai 24 Juni 2012. Pada Lomba Tahun ini Kabupaten Lombok Timur diwakili oleh enam orang siswa dari enam kompetensi keahlian antara lain kompetensi keahlian TKJ, RPL, Teknik Las, Teknik Konstruksi Kayu, Teknik Gambar bangunan dan Teknik Animasi.

Peserta yang ikut merupakan siswa-siswa yang berprestasi ditingkat Provinsi yang diikuti sebelumnya, untuk lima kompetensi keahlian yang diikuti diwakili oleh lima orang siswa dari SMK Negeri 1 Selong dan satu orang berasal dari SMK Negeri 1 Pringgabaya untuk mata lomba Animasi. Sementara untuk lima kompetensi yang diwakili SMK Negeri 1 Selong antara lain Teknik Komputer dan jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Las, Teknik Konstruksi Kayu dan Teknik Gambar Bangunan. Dari keeman kompetensi keahlian tersebut masing-masing mengikuti salah satu mata lomba. 


Kompetensi Keahlian TKJ mengambil mata lomba Networking Support, peserta lomba melakuan perakitan dan instalasi personal computer server yang bisa terkoneksi baik dengan kabel maupun wifi kejaringan yang lebih luas (WAN), dengan system pengaman jaringan agar terhindar dari hakker. Dengan alokasi waktu 24 jam peserta harus bisa menyelesaikannya.


Kompetensi Keahlian RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) mengikuti mata lomba Software Aplikasi, peserta lomba membuat aplikasi software dalam bidang bisnis, salah satunya system pembayaran, pelaporan barang masuk barang keluar, laporan harian, laporan bulanan dan Keuntungan. Peserta lomba memanfaatkan menggunakan software Microsoft Office. Peserta diberi waktu selama 24 jam peserta harus bisa menelesaikannya.

Kompetensi Keahlian Teknik Las, mengikuti mata lomba welding. Peserta lomba mengerjakan produk yang berkaitan dengan pengelasan  yang menggunaan berbagai peralatan ang sudah di sediakan oleh panitia.

Kompetensi Keahlian Tekinik Konstruksi Kayu, Mengikuti lomba Journy. Peserta lomba diarahkan untuk mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan pertukangan khususnya pembuatan hasill karya konstrusi kayu.


Kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan, mata lomba yang diikuti Autocadd Bulding. Peserta diarahan untuk mengerjakan pekerjaan konstrusi bangunan mulai dari gambar, konstruksi, RAB sampai finishing.

Kompetensi Keahlian Animasi, mata lomba yang diikuti adalah Animasi. Peserta lomba ditugaskan untuk membuat karya film animasi dengan durasi minimal satu menit. Peserta diberi tema dengan karekter  dibuat sendiri. Pada proses pengerjaannya diawali dengan pembuatan storyboard sampai dengan pengerjaan finising yaitu peserta merubah format karya tersebut dalam bentuk AVI sehingga dapat diputar dengan media pemutar.

Harapan dari kegiatan ini semoga para siswa serta para guru pembimbing dapat pengetahuan tambahan serta membuat suatu jaringan dengan sekolah-sekolah didaerah lain yang sudah maju, harapan tersebut disampaian oleh ketua kontingen Makbul, S.Pd, Saat ditemui oleh wartawan KM-Gerbang Patuh Karya ditempat lomba Sasana Budaya Ganesha (SABUGA) Institut Tegnologi Bandung. 

2 komentar: