Kamis, 05 Juli 2012

SEBEBAU PENYEMBUH PENYAKIT KULIT


 
Seperti yang telah kita ketahui, Indonesia memang memiliki banyak sumber daya alam yang belum terjamah. Terutama di sektor pariwisatanya. Banyak daerah yang memiliki subjek pariwisata yang belum mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah setempat. Sebut saja di Kabupaten Lombok Timur, Kawasan Monyet Pusuk. Sekitar lima belas menit sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, di pos pertama pemberhentian jalan-jalan kami terdapat pemandian air panas yang dinamakan Aik Sebebau. Entah darimana nama tersebut berasal. Namun yang pasti informasi mengenai tempat tersebut menyebar dari mulut ke mulut. Hingga kini hanya penduduk lokal  yang mengunjungi pemandian air panas tersebut.
Untuk bisa sampai ke area pemandian, kita harus menempuh sekitar  200 meter dari pos pertama menggunakan sepeda motor untuk sampai di pelataran parkir. Dari tempat parkir kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter. Akses jalan menuju tempat tersebut memang tidak bisa dikatakan bagus dengan tekstur tanah yang berbatu dan belum diaspal. Namun kekecewaan tersebut segera terbayarkan begitu kita menikmati pemandian air panas tersebut. Menurut penduduk setempat, berendam di Pemandian Air Panas Sebebau dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit. Karena alas an tersebut, setiap harinya ada saja pengunjung yang datang ke tempat tersebut untuk menikmati berendam dan merasakan manfaatnya.

Jika saja pemerintah daerah setempat jeli melihat peluang pariwisata di daerah sendiri, maka tidak menutup kemungkinan objek pariwisata di Lombok Timur akan semakin maju. Beberapa alternatif daerah pariwisata yang belum terjamah keasliannya antara lain: Wisata Monyet Pusuk, Green House (agrowisata), dan Air Terjun Mayung Putek dengan air belerangnya yang berwarna putih. Tertarik??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar