Jumat, 03 Agustus 2012

HIDAYAH DIBULAN RAMADHAN: YASINTA JADI MUALLAF


“Tidak ada paksaan untuk (Memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat, Karena itu barang siapa yang ingkar kepada tauhid dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui”
 (QS. Al-Baqarah: 256)

Agama atau keyakinan yang kita anut dimuka bumi ini merupakan hak dasar setiap manusia sehingga kita bebas memeluk agama atau keyakinan apapun sesuai dengan keyakinan kita masing-masing. Hal tersebut yang dialami oleh seorang wanita, Yasinta Yolanda 24 tahun asal Kupang Nusa Tenggara Barat. Sinta sapaan akrabnya menceritakan bahwa dirinya sudah dari dulu tertarik untuk memeluk agama islam.
Sebelum sah memeluk agama islam Sinta sudah mempelajari islam terlebih dahulu, mulai dari mengerjakan sholat dan belajar membaca Al-Qur’an yang dibimbing oleh Ibu Nunung.  Ibu Nunung menceritakan bahwa Sinta memeluk islam atas kesadaran sendiri tanpa ada paksaan dari siapapun.
Hati sudah bulat untuk memeluk agama barunya yaitu agama islam, Sinta pun meminta untuk diislamkan secara sah dihadapan para jamaah. Proses pengislaman Sinta dilakukan di Masjid Baitul Ihsan, Kampung Jati Makmur Desa Labuan Lombok. Prosesi tersebut dibimbing oleh Ustaz H. Sumirin, yang diawali dengan memberikan pencerahan guna lebih memantapkan hati Sinta untuk memeluk Islam. Setelah memberikan kata-kata pencerahan Ustaz H. Sumirin membimbing Sinta untuk membaca dua kalimat syahadat sebagai penanda bahwa Sinta mengakui bahwa tiada tuhan selain Allah, SWT dan Nabi Muhammad, SAW adalah utusan-Nya.
Suasana pun menjadi syahdu disaat pembacaan dua kalimat syahadat yang diucapkan oleh Sinta, para penyaksi pun terharu melihat prosesi tersebut. Kini Sinta sudah resmi memeluk agama islam, Pada kesempatan itu pula Ustaz H. Sumirin memilihkan nama muslim menjadi Nur Khulbiati Sinta yang artinya Cahaya dari Hari.
Ini merupakan hidayah yang diturunkan Oleh Allah, SWT kepada umatnya  bertepatan dengan bulan ramadhan yang penuh berkah ini, semoga saudara kita yang sudah memeluk islam ini bertambah kuat keimanannya, tugas kita bersama untuk membimbing dan mengarahkannya agar menjadi muslim yang sesungguhnya, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar