Minggu, 26 Agustus 2012

PUNCAK ARUS BALIK PEMUDIK


KM-Gerbang Patuh Karya. Hari ini Minggu (26/7) merupakan puncak arus balik para pemudik yang sudah merayakan hari raya Idul Fitri 1433 H. Dari hasil pemantauan kami dilapangan arus kendaraan baik roda dua maupun roda empat memadati ruas jalan menuju pulau Sumbawa maupun memasuki pulau Lombok. Arus kendaraan yang menuju pulau Lombok dan pulau Sumbawa hampir sama jumlahnya.
Puncak arus balik hari ini dikarenakan esok (senin, 27/8) aktifitas perkuliaah dan sekolah sudah mulai aktif kembali paska liburan puasa dan hari raya idul fitri, sehingga para pemudik melakukan perjalannya hari ini. Rata-rata para pemudik yang akan kembali terdiri dari siswa, mahasiswa , karyawan serta  guru.  Burhanudin, 27 th yang berprofesi sebagai guru hari ini melakukan perjalanan balik ke tempat tugasnya di pulau Sumbawa tepatnya di Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Hal tersebut dilakukan setiap masa liburan sekolah untuk berkumpul dengan keluarga dan sanak family dikampung asalnya Kediri, Lombok Barat.
Hal tersebut pula yang dilakukan oleh Syaifullah, 21 Th asal Taliwang kabupaten Sumbawa Barat. Mahasiswa disalah satu Universitas yang ada dikota Mataram ini melakukan perjalanan balik ke Mataram untuk melakukan persiapan menghadapi perkuliahan. Syaifullah juga menjelaskan ke awak media Gerbang Patuh karya, untuk tahun ini arus mudik maupun arus balik relative mengalami peningkatan  dari tahun sebelumnya. Selama melakukan perjalanan mudik maupun balik kali ini Alhamdulillah tidak ada kendala dan hambatan selama perjalanan.
Untuk menghadapi arus mudik dan arus balik pihak ASDP Kayangan-Pototano sudah mempersiapkan  pelayanan yang extra kepada  para pemudik yang akan memanfaatkan jasa dari pihak ASDP. Salah satu yang berhasil kami wawancarai, Agung Permata dari pihak Darma Lautan Utama. Beliau menjelaskan jauh-jauh hari kami sudah mempersiapkan beberapa armada untuk persiapan arus mudik dan balik yang sedang berlangsung. Salah satunya yang kami siapkan KM Wicitra Dharma, Kapal Very ini merupakan kapal yang langsung didatangkan dari Surabaya.
Agung juga menjelaskan bahwa untuk memberikan kenyamanan bagi para menumpang, pihak Darma Lautan Utama untuk hari ini selama penyeberangan para penumpang dihibur dengan Live Show berupa music serta memberikan door Prize kepada para penumpang yang beruntung. Kami pun diundang untuk menikmati perjalanan bersama para pemudik.
Untuk hari ini rata-rata armada melakukan sepuluh trip perjalanan untuk meyeberangkan pemunpang dan kendaraan. Untuk sekali perjalanan Kapal Very Wicitra Dharma mampu mengangkut rata-rata 200 orang pemumpang, 100 unit sepeda Motor, 15 mobil, serta 5 unit Bus/Truk. Diakhir perbincangan kami Agung mengucapakan terima kasih kepada para pengguna jasa penyeberangan Dharma Lautan Utama serta meminta maaf  jika selama pelayanan kami, para pemumpang merasa tidak nyama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar