Rabu, 29 Agustus 2012

WORKSHOP REVISI KURIKULUM SMK NEGERI 1 PRINGGABAYA


Rabu, 29 Agustus 2012. Bertempat di SMKN 1 Pringgabaya, Semua guru mengikuti Workshop Revisi Kurikulum, Penyusunan  Perangkat Pembelajaran dan Bimbingan Konseling. Workshop tersebut dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 29-30 Agustus 2012 dengan agenda di hari pertama adalah penjelasan/penyampaian materi tentang Revisi Kurikulum dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Sedangkan agenda di hari kedua untuk bimbingan langsung dalam penyusunan perangkat pembelajarann dan Bimbingan Koneseling. Narasumber yang memberikan materi seputar tema diatas datang dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur yang berjumlah 5 orang diantaranya ; Ahmad Rifai, M.Pd, Drs. Lalu Zainal, Drs. Fariadi, Drs. Saeful Fikri dan Drs. Muhirudin.
Dalam kesempatan tersebut Kepala SMK Negeri 1 Pringgabaya, Drs. Sukmanul Hakim menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah direncana jauh sebelumnya guna melakukan Review dan merevisi KTSP yang ada guna menyesuaikan dengan kondisi sekolah yang sekarang. Selepas menyampaian pengarahan dari Bapak kepala sekolah dilanjutkan dengan penyampaian materi lebih detail mengenai teknis penyusunan kurikulum itu sendiri seperti  Standar Kompetensi maupun Kompetensi Dasar, Alokasi waktu, Pengaturan beban belajar, Ketuntasan belajar yang harusnya ditetapkan oleh dewan guru seccara bersama-sama tujuannya untuk mendorong guru untuk lebih semangat dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar sampai pemberian tugas dari guru kepada peserta didik.
Kriteria kenaikan kelas itu sendiri harusnya disesuaikan dengan mempertimbangkan ketentuan pada SK Dirjen Mendiknasmen No. 12/C/Kep/TU/2008 dan tidak boleh melenceng dari ketetapan tersebut. Selain itu juga kelulusan berdasarkan pada ketentuan PP 19/2005 Pasal 72  ayat 1. Di sela-sela materi, disampaikan juga mengenai Program Percepatan untuk siswa yang memiliki standar kognitif di atas rata-rata. Meski begitu, program tersebut tidak ditekankan untuk dilaksanakan jika memang tidak deprogram oleh sekolah. Kesemua materi tersebut disampaikan secara gambling oleh para pengawas dari Dinas Pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten Lombok Timur.
Tujuan dari kegiatan Workshop ini adalah untuk mereview kembali serta merevisi kurikulum yang telah ada di sekolah, menyusun kurikulum dengan spectrum yang berlaku di 2009, serta menyesuaikan kurikulum dengan daya dukun yang dimiliki oleh sekolah. Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat membantu dan memacu semua elemen sekolah untuk dapat bekerja lebih baik dan meningkatkan kinerjanya sebagai tenaga pendidik di sekolah demi peningkatan kualitas peserta didik selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar